tips merawat powerbank supaya tidak cepat rusak dan tahan lama

Setelah kita memiliki power bank, maka hal yang mesti kita tahu adalah tips merawat powerbank supaya tidak cepat rusak dan tahan lama. Apalagi powerbank tersebut harganya cukup mahal. Berikut adalah beberapa cara merawat power bank agar bisa bertahan dengan baik:

  • Jika power Bank tidak digunakan, sebaiknya dicharge sebulan sekali
  • Jangan melakukan pengisian powerbank terlalu lama, jadi ketika sudah penuh dan lampu indikator menunjukkan pengsian sudah penuh, maka segera cabut.

Sebagai penampung daya cadangan untuk mengisi ulang baterai di kala darurat, power bank harus diisi ulang agar bisa digunakan. Sama seperti baterai smartphone, power bank juga menggunakan jenis baterai yang bisa diisi ulang, yakni Li-Ion (Lithium-Ion) atau Li-Po (Lithium-Polimer) yang bisa dilihat di permukaan power bank. Kedua jenis baterai ini memiliki siklus daya tahan yang berbeda.

Power bank dengan baterai Li-Ion memiliki siklus hidup 500 kali isi ulang. Sementara power bank dengan baterai Li-Po memiliki siklus hidup hingga 1000 kali isi ulang. Jika hampir mencapai siklus maksimalnya, power akan terasa cepat habis dan isi ulangnya menjadi lama. Makanya jangan sering-sering nge-charge power bank kamu ya!

  • Cash apabila sudah habis dayanya

isi ulang power bank saat indikatornya menunjukan tanda low. Jika indikatornya ada 4 LED, segera isi ulang power bank saat indikatornya menunjukan sisa 1 LED.

Apabila sering bepergian dan tidak memiliki waktu banyak mengisi ulang power bank.  Sebaiknya pilih solar powerbank.

  • Hindari penggunaan smartphone atau tab saat diisi ulang. Supaya smartphone dan powerbank awet. Karena penggunaan secara bersamaan bisa menimbulkan¬† arus listrik yang dikeluarkan jadi tidak stabil. Juga membuat baterai power bank jadi cepat bocor.
  • Hindarkan dari lingkungan yang terlalu panas (suhu > 45 derajat Celsius) apalagi panas dan api serta hindarkan dari kelembaban yang tinggi.

Permukaan power bank sendiri akan mengeluarkan panas saat sedang digunakan. Jika disimpan di tempat panas juga, akan membuat tidak adanya sirkulasi udara yang membuat power bank jadi menyimpan panas berlebih. Dampaknya permukaan power bank jadi cepat kusam.

  • Jaga power bank tetap kering dan hindarkan dari benturan
  • Jangan membersihkan power bank menggunakan bahan kimia seperti sabun. Dikuatirkan air sabun akan merembes ke bagian output. Dapat menimbulkan konsleting/kerusakan.
  • Jangan sekali-sekali mencoba membongkar power bank atau membiarkannya terpapar api atau air karena ini bisa berbahaya.
  • Ketika powerbank mengeluarkan bau yang aneh, sebaikknya jangan digunakan dan taruh ditempat yang aman.

artikel terkait

Tinggalkan Balasan