Syarat peternak puyuh harus punya kasih sayang. Perlakukan ternakmu seperti anakmu

Peternak puyuh tidak hanya memikirkan bagaimana caranya mendapatkan telur puyuh yang banyak. Supaya peternak mendapatkan untung.

Paman saya pernah memberikan saya nasihat. Beternak. Harus punya  kasih sayang kepada ternaknya. Perlakukan mereka seperti anakmu.

Garis bawahi seperti anakmu. Puyuh bukan anak kita sih. Tapi maksudnya perhatiannya seperti anak kita.

Ketika mereka lapar. Berikanlah makanan yang baik. Cukup untuk tumbuh kembang. Beri makan secara teratur. Minum yang cukup.

Ketika mereka sakit. Berikan obat. Jamu dengan tepat.

Ketika mereka bersarang di baterai. Berikan suasana yang nyaman. Suhu yang cukup nyaman. Kepadatan normal. Nyaman untuk bertelur. Kebersihan sanitasi yang baik.

Kadang. Meski tak logis. Mereka terhubung dengan kehidupan kita. Waktu kita lagi galau. Misal kita sedih galau karena ada masalah. Mereka juga bisa merasakan. Produksi telur akan terganggu.

Berikan perhatian saat ambil telur. Adakah di baterai ada puyuh yang sakit. Segera pisahkan.

Apakah ada yang kepalanya berdarah. Perutnya buncit. Ada benjolan di kepala.

Kasih jamu tiap minggunya. Segera kubur bangkai puyuh. Supaya tidak timbul penyakit. Dan seterusnya.

Dikasih perhatian dan tidak. Ada perbedaannya kok. Coba saja.

About Khamim

Hi, Selamat Datang di personal blog saya..
Nama Saya Khamim Nugroho Iswanto, saya seorang peternak agropreneur yang sedang mendalami online business. Di web ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana pengalaman saya beternak puyuh dan serba serbi online bisnis. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk semua pembaca yang datang di blog saya.
Selanjutnya kamu bisa liat profil saya lebih lanjut di halaman facebook saya. Semoga dengan kita berkenalan bisa menjadi teman. Dan kedepannya kita bisa syaring ilmu dan saling memberi manfaat. Selamat membaca..

Tinggalkan Balasan