Peternak Puyuh jenis apa yang kamu pilih-v.2

Peternak Puyuh jenis apa yang kamu pilih. Pilih dengan bijak.

Peternak puyuh untuk menjual hasil telurnya dapat memilih siapa saja yang mengambil. Bahkan tidak menjualnya ke tengkulak/pengepul. Dapat juga menjualnya secara langsung.

Pilihan mana yang dipilih sepenuhnya tergantung dari peternak puyuh itu sendiri. Semuanya punya kelebihan dan kelemahan masing – masing. Tinggal pilih mana yang cocok untuk dilakukan.

Jenis Peternak Puyuh adalah :

Peternak Puyuh Mandiri

Peternak puyuh mandiri mengusahakan mulai dari pembibitan sampai pemasaran penjualan telurnya sendiri. Tanpa bekerja sama dengan orang lain. 

Biasanya mempunyai kandang indukan. Punya mesin tetas sendiri. Serta kandang puyuh petelur. Biasanya letak kandang petelur dan indukan disendirikan. Tidak dalam satu kandang rumahan. Dan bercampur menjadi satu.

Peternak mengerti teori genetika dalam mengelola turunan puyuh yang baik. Mempunyai jaringan penjualan telur hingga luar kota. Mempunyai manajemen penanganan penyakit yang baik.

Kelebihan menjadi peternak mandiri adalah mereka dapat merasakan hasil yang maksimal dari usaha beternak puyuh. Karena tidak perlu membagi keuntungan dengan pihak lain.

Kelemahannya adalah ketika mereka terkena masalah. Seperti turunnya harga telur. Penyakit yang meraja lela. Maka Mereka akan merasakan dampaknya sendirian.

Peternak Plasma dan Peternak Inti Plasma

Peternak plasma adalah peternak binaan dari peternak inti plasma. Peternak inti plasma adalah peternak mandiri yang mempunyai :

  • Bibit Puyuh Sendiri
  • Pakan Pabrik dengan sistem DO/Pakan Racikan sendiri
  • Dokter/Manajemen Penangan penyakit yang baik
  • Jaringan penjualan telur yang luas
  • Binaan peternak lain yang disebut peternak puyuh plasma

Sedangkan peternak plasma adalah peternak yang menjalankan usaha berternak puyuh menurut SOP (Standar Operating Procedur) dari peternak inti plasma. 

Dia bertugas menjalankan peternakan sesuai tata cara inti plasma. Bertujuan untuk mendapat produktivitas telur tinggi dan menjualnya ke peternak puyuh inti plasma.

Enaknya jadi peternak plasma menjadi bagian peternak inti plasma adalah 

  • Apabila memerlukan bibit puyuh. Akan disediakan dari inti plasma. Dengan jaminan bibit yang baik
  • Mendapatkan pakan. bayar dibelakang. Tukar dengan telur
  • mendapatkan pembinaan tata cara beternak puyuh
  • Apabila memerlukan pakan. Juga disediakan dari peternak inti
  • Apabila terjadi serangan penyakit juga mendapatkan dukungan dari peternak inti

Akan tetapi peternak plasma tidak boleh menjual telurnya secara bebas. Harus menjual ke peternak inti plasma. Harga juga ikut peternak inti plasma dengan prinsip saling menguntungkan.

Peternak Puyuh Campuran

Peternak puyuh campuran adalah peternak puyuh yang tidak sepenuhnya menjual hasil telurnya ke tengkulak atau pengepul telur. 

Bisanya mempunyai jaringan penjualan telur sendiri. Atau dijual di pasar langsung. Namun apabila ada sisa telur yang tidak terjual akan dijual ke tengkulak/pengepul.

Peternak jenis ini biasanya mempunyai modal yang cukup.

Untuk mengadakan pembibitan,perkandangan dan penyediaan pakan. Baik diusahakan secara mandiri maupun sebagian bekerja sama dengan pengepul.

Enaknya jadi peternak campuran adalah bebas menjual hasil telur kemana saja. 

Akan tetapi untuk penangan penyakit. Biasanya mereka usahakan sendiri berdasarkan pengalaman dan informasi dari pengalaman peternak lain. 

Hasil yang mereka dapat biasanya lebih besar dibandingkan peternak layer. Namun semua tergantung kondisi dan situasi pergerakan harga telur dan kelincahan mereka bermanuver di pasar telur.

About Khamim

Hi, Selamat Datang di personal blog saya..
Nama Saya Khamim Nugroho Iswanto, saya seorang peternak agropreneur yang sedang mendalami online business. Di web ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana pengalaman saya beternak puyuh dan serba serbi online bisnis. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk semua pembaca yang datang di blog saya.
Selanjutnya kamu bisa liat profil saya lebih lanjut di halaman facebook saya. Semoga dengan kita berkenalan bisa menjadi teman. Dan kedepannya kita bisa syaring ilmu dan saling memberi manfaat. Selamat membaca..

Tinggalkan Balasan