Orang Tua Saya Terkena Diabetes. Apakah Saya Bisa Menderita Diabetes Mellitus juga? dan Tips Mencegah Resiki Diabetes Turunan

Jika Memiliki orang tua diabetes mellitus. Apa Bisa Bisa Menderita Diabetes Mellitus juga?

itu pertanyaan yang bagus yah.

Jika kamu pernah membaca artikel mengenai penyakit ini. Maka saya yakin pernah menemukan bahwa

Penderita Diabetes di Indonesia Ketujuh Terbesar di Dunia

WOw

Di Indonesia sendiri, penyakit diabetes sudah menjadi penyakit pembunuh nomor tiga. Hal tersebut diungkapkan oleh Sample Registration Survey 2014. Diabetes dengan kompikasi menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia.

Sementara, data International Diabetes Federation (IDF) menunjukkan, jumlah penyandang diabetes di Indonesia diperkirakan sebesar 10 juta dengan menempati urutan ketujuh tertinggi di dunia.

Hal ini diperparah bahwa diabetesi (sebutan penderita diabetes). Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui bahwa dirinya menderita diabetes.

“Sebagian besar penderita diabetes mengunjungi dokter dalam keadaan kronis. Akibatnya, penderita diabetes tidak terdiagnosis dan tidak diobati hingga mengakibatkan komplikasi berat seperti retinopati, penyakit ginjal, stroke, serangan jantung dan kematian dini,” papar Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. H. M. Subuh, MPPM di Jakarta.

Oleh karena itu. Kita harus belajar mendeteksi penyakit ini secara dini yah.

Bisakah Diabetes Menurun ?

Ternyata.

Faktor turunan (genetik) memang mempunyai peranan penting terhadap berkembangnya penyakit diabetes pada seseorang. Bagaimana mekanisme kerja faktor genetik ini pada penyakit diabetes sangat rumit, dan sampai sekarang masih sedikit yang sudah diketahui oleh para ahli.

Jadi, bila seseorang, misalnya Anda sendiri mempunyai seorang Ibu menderita diabetes, Anda memang mempunyai kemungkinan lebih besar menderita diabetes dibandingkan dengan orang lain yang ke dua orang tuanya normal, apalagi kalau ke dua orang tua Anda penyandang diabetes, kemungkinan itu jadi lebih besar lagi. Tetapi, walaupun orang tua Anda penyandang diabetes, tidak berarti Anda serta-merta juga akan mengalami penyakit yang sama, faktor lingkungan itu juga akan sangat menentukan. Tidak semua anak yang orang tuanya menderita diabetes adalah penyandang diabetes juga di kemudian hari.

Disamping faktor turunan, ternyata faktor lingkungan juga sangat menentukan seseorang akan menderita diabetes atau tidak. Faktor lingkungan itu bisa berupa:

  1. Kegemukan (obesitas)
  2. Pola makan tidak sehat–makan berlebihan
  3. Makanan banyak mengandung karbohidrat olahan
  4. Mengkonsumsi gula berlebihan dan Lemak
  5. Kurang mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan
  6. Gaya hidup santai dan olahraga kurang
  7. Banyak duduk serta aktifitas fisik kurang– dan sebagainya

Tips Mencegah Resiko Diabetes Keturunan

1. Mengontrol Kadar gula

Dengan melakukan pengontrolan secara berkala terhadap kadar gula darah, dapat membantu menurunkan resiko berkembangnya penyakit diabetes. Pada saat seseorang telah divonis dokter memiliki kadar gula darah yang melebihi batas normal yaitu 150 mg/dl, maka sebaiknya ia segera berusaha untuk menormalkan kembali kadar gulanya.

2. Melakukan kegiatan fisik

Seperti penjelasan diatas tadi bahwa seseorang yang kurang gerak dapat memiliki resiko yang tinggi akan penyakit diabetes. Untuk itu, sebaiknya jangan ragu lagi untuk melakukan berbagai macam kegiatan fisik seperti berolahraga secara teratur. Karena dengan berolahraga, dapat melindungi tubuh dari gangguan obesitas, penyebab stress, serta dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

3. Menjaga pola makan

Pola makan yang buruk, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang terlalu manis, mengkonsumsi junk food, maupun jenis-jenis makanan yang banyak mengandung lemak dan makanan yang mengandung kolesterol dapat meningkatkan resiko berkembangnya penyakit diabetes. Maka sebaiknya pilihlah jenis-jenis makanan yang bersumber dari bahan-bahan alami, mengandung gula yang sederhana, mengandung banyak serat, rendah lemak, serta rendah kolesterol untuk menjaga agar sistem pencernaan dalam tubuh dapat berfungsi dengan normal.

Lakukan Pola Makan /Diet yang tidak memberatkan. Untuk menghilangkan sisa makanan yang tidak baik untuk tubuh dalam usus kita. Sehinga kita terhindar dari diabetes dan penyakit lainnya

4. Merubah Pola Pikir

Banyak orang berfikir. Otak adalah pusat dunia. Bagian penting dari tubuh kita adalah otak kita. Saatnya kita berubah. Usus dan Organ pencernaan juga penting. Berikan asupan yang baik. Merubah Pola Makan yang tidak baik menjadi Pola Makan/Diet yang bagus untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

sumber : lifestyle.sindonews.com,lifestyle.kompas.com,halosehat.com

About Khamim

Hi, Selamat Datang di personal blog saya..
Nama Saya Khamim Nugroho Iswanto, saya seorang peternak agropreneur yang sedang mendalami online business. Di web ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana pengalaman saya beternak puyuh dan serba serbi online bisnis. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk semua pembaca yang datang di blog saya.
Selanjutnya kamu bisa liat profil saya lebih lanjut di halaman facebook saya. Semoga dengan kita berkenalan bisa menjadi teman. Dan kedepannya kita bisa syaring ilmu dan saling memberi manfaat. Selamat membaca..

Tinggalkan Balasan