Nuzulul Quran yang Jatuh pada 17 Ramadhan Keistimewaan dan Cara Memperingati Nu

Malam 17 Ramadhan merupakan hari yang istimewa. Karena pada hari ini (Al-Qur’an) diturunkan secara keseluruhan dari lauhil Mahfudz ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

Pada tahun 2017. Ramadhan tahun 2017/1438 Hijriyah, Malam Nuzulul Qur’an jatuh pada Minggu malam atau tepatnya Senin, 12 Juni 2017.

Meskipun disebutkan Al-Quran diturunkan pada malam lailatul Qadar secara keseluruhan, namun penyampaiannya kepada Nabi Muhammad dilakukan secara berangsur-angsur. Seperti Keterangan di bawah :Al-Quran diturunkan pada malam lailatul Qadar  secara keseluruhan, namun penyampaiannya kepada Nabi Muhammad dilakukan secara berangsur-angsur.

Hikmah Memperingati Nuzulul Qur’an.

Pada intinya memperingati nuzulul qur’an adalah kita sebagai umat islam supaya benar-benar cinta terhadap al-Qur’an, tandanya cinta pada al-Qur’an adalah pertama baca ayat-ayatnya sebagai mana dalam Qur’an dan hadits di kisahkan pahala bagi orang yang membacanya adalah:

1. Mula-mula, jadi perniagaan yg tak ingin merugi. Allah berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ وَأَقَامُوا الصَّلاَةَ وَأَنفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلاَنِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَّن تَبُورَ . لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِ

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karuniaNya. [Al-Fathir:29-30]

2.Pembaca Al-Qur’an bakal mendapati ketenangan dan rahmat Allah.Dalam satu hadist diceritakan bahwa ada seseorang laki-laki membaca surat Al-Kahfi, dan didekatnya ada seekor kuda tertambat dengan tali panjang. Sekonyong-konyong datang awan menyelubungi tempat orang itu, maka kuda tersebut berputar-putar ditambatannya dulu lari. Saat hari sudah pagi, orang itu mendatangi Nabi SAW. dulu diceritakannya terhadap beliau sejarah yang dialaminya itu. Sabda Nabi SAW., “Itulah ‘sakinah’ (para malaikat turun membawa ketenangan & rahmat) bagi pembaca Al-Qur’an.” (Shahih Muslim : 765)

3.Orang yg membaca Al-Qur’an mendapati Syafa’at di akhirat nanti. Rasulullah SAW bersabda : “Bacalah Al-Qur’an, sebab dia akan datang memberi syafa’at terhadap pembacanya kepada hri kiamat kelak. Bacalah Zahrawain, merupakan surat Al-Baqarah & ‘Ali ‘Imran, lantaran keduanya dapat datang terhadap hari kiamat kelak, seperti dua tumpuk awan menanungi pembacanya, atau seperti dua kelompok burung yg sedang terbang dalam formasi hendak membela pembacanya. Bacalah Al-Baqarah, sebab bersama membacanya beroleh berkat, dan dengan tidak membacanya beroleh penyesalan, & pembacanya tak akan dikuasai (dikalahkan) oleh tukang-tukang sihir.” (Shahih Muslim : 771)

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِه

Bacalah Al-Qur`an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat bagi pembacanya

”.[Ahlul Qur’an atau Shahibul Qur’an adalah orang yang membaca (mempelajari) Al- Qur’an dan mengamalkan hukum-hukumnya serta beradab dengan adab-adabnya. Lihat Bahjatun Nazhirin II/225, 230 -Red] [HR. Muslim, dari Abu Umamah Al-Bahili]

baca juga: Kursus Berbisnis Online

6.Keutamaan surat “Al-Fatihah” dan ayat penghabisan surat “Al-Baqarah”. Dari Ibnu ‘Abbas r.a., menurutnya : “Pada suatu waktu, diwaktu Jibril sedang duduk di samping Rasulullah SAW, sekonyong-konyong kedengaran satu buah bunyi seperti pintu sedang di bukakan orang. Dulu diangkatnya kepalanya, seraya bicara : “Nah! Inilah pintu langit dibukakan hri ini, di mana tak sempat di buka melainkan baru hri ini.” Dari pintu itu turun malaikat. Kata Jibril,” Inilah malaikat turun ke bumi. Di Mana dirinya tak sempat turun diawal mulanya, melainkan baru hri ini.” Sesudah malaikat itu berikan salam, dulu beliau berbicara, “Gembirakanlah ummatmu dgn dua cahaya yg kedua-duanya cuma diturunkan kepada-mu, dan tak sempat diturunkan pada para Nabi sebelum anda, merupakan : Surat Al-Fatihah dan ayat-ayat penutup surat Al-Baqarah (ayat : 284-286). Tak satu huruf pula yg kamu baca dari keduanya, melainkan dapat diberikan pahalanya terhadap anda.

7.Mendapat kebaikan berlipat ganda. Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca satu huruf dari kitabullah baginya satu kebaikan. Satu kebaikan (dibalas) dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR Tirmidzi).

Untuk memperingati Malam di turunkannya Al-Quran ini, di Indonesia biasanya di lakukan ceramah atau pengajian khusus bertemakan Nuzulul Qur’an. Dan Khususon Bagi Umat Islam. Dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an Sebanyak banyaknya.

Sumber:Era Muslim

About Khamim

Hi, Selamat Datang di personal blog saya..
Nama Saya Khamim Nugroho Iswanto, saya seorang peternak agropreneur yang sedang mendalami online business. Di web ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana pengalaman saya beternak puyuh dan serba serbi online bisnis. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk semua pembaca yang datang di blog saya.
Selanjutnya kamu bisa liat profil saya lebih lanjut di halaman facebook saya. Semoga dengan kita berkenalan bisa menjadi teman. Dan kedepannya kita bisa syaring ilmu dan saling memberi manfaat. Selamat membaca..

Tinggalkan Balasan