Menyiapkan Jamu puyuh di kediri dari bahan herbal belakang rumah tidak perlu pakai obat


Pemberian jamu pada puyuh bertujuan agar puyuh memiliki daya tahan tubuh yang terjaga. Sehingga produktivitas juga terjaga. Peternak dapat untung.

Jamu Herbal Puyuh Supaya Sehat
Jamu Herbal Puyuh Supaya Sehat

Dari pengalaman saya. Penggunaan vitamin dan obat – obatan dari toko peternakan tidak banyak memberi perubahan pada kondisi puyuh. Jadi saya Menyiapkan Jamu puyuh di kediri dari bahan herbal belakang rumah tidak perlu pakai obat 

Pernah kasus, ketika ingin meningkatkan produksi. Saya membeli vitamin berfungsi meningkatkan produksi. Eh, malah produksi menurun. Dari pengalaman tersebut. Saya lebih memilih jamu ketimbang obatan pabrik.

Jamu puyuh yang saya ada 2 macam yakni

  • jamu puyuh langsung minum

Biasanya saya membuat jamu puyuh langsung minum dari bahan herbal belakang rumah. Terdiri dari kunyit, temulawak (kuning), temu ireng (temulawak hitam). Kemudian ditambahkan bawang putih, sedikit jahe dan gula merah. Blender semua bahan hingga halus. Campurkan pada wadah minum.

Kunyit dan temulawak (kuning) berfungsi menyehatkan lambung dan usus (anti bakteri) serta meningkatkan nafsu makan. Temu ireng digunakan untuk menjaga agar puyuh tidak terkena cacingan. Karena kebiasaannya yang suka mematuk sisa feses nya di lantai kawat ram di bawah kakinya. Dikhawatirkan puyuh bisa cacingan.

Bawang putih dan jahe berfungsi mencegah snot dan batuk puyuh serta membantu kekebalan puyuh. Sedangkan gula merah untuk menambah energi puyuh. Serta mengurangi keasaman dari ramuan lainnya.

  • jamu puyuh fermentasi

jamu puyuh fermentasi adalah jamu puyuh yang ditambahkan bakteri laktobacillus (EM4 peternakan). Harapannya selain jamu berfungsi menambah vitalitas puyuh. Harapannya lactobacillus mampu menyehatkan usus/pencernaan puyuh. Sehingga peforma puyuh tetap tinggi.

Campurannya terdiri dari air, ekstrak temulawak,kunyit dan jahe serta larutan EM4-peternakan. Botol warna coklat.

Dicampurkan semua ekstrak bahan dan EM4. Kemudian diminumkan ke puyuh

ada juga biang EM4. Dibuat dengan mengencerkan EM4 dengan tetes. Difermentasi 2 minggu. Dapat Disimpan lama. Asal 3 minggu sekali ditambahkan tetes. Dapat diminumkan setiap hari. Fungsinya seperti kita minum yakult. Menyehatkan pencernaan puyuh.

panduan membuat jamu herbal puyuh
panduan membuat jamu herbal puyuh

Catatan :

  • Penggunaan jamu juga melihat kondisi puyuh.
  • Apabila feses tidak seperti biasanya. Atau mencret. Tambahkan campuran temu lawak dan kunyit lebih banyak
  • apabila sudah cukup umur tapi badan kecil – kecil. Tambahkan campuran temu ireng lebih banyak.
  • Apabila timbul snot. Atau cuaca tidak menentu. Siang panas. Sore hujan. Optimalkan campuran bawang putih dan jahenya.
  • Porsi campurannya sesuaikan dengan kondisi puyuh.
  • Biasanya pada musim hujan yang tidak menentu (siang panas sore hujan) saya kasih jamu 2 x seminggu.
  • Saat musim panas/tidak hujan. Pemberian jamu 1 x seminggu.

artikel terkait

 

 

Tinggalkan Balasan