Masih Akan Menggiurkankah Beternak Puyuh? – Faktor Penting dalam mempertahankan keuntungan beternak puyuh – cara beternak puyuh

Faktor Penting dalam mempertahan keuntungan beternak puyuh

  • Jaga Produktivitas

    Produksi Telur Puyuh
    Produksi Telur Puyuh

    Produktivitas merupakan faktor terpenting dan utama bagi keberlangsungan beternak puyuh. Hasil telur yang banyak dan daging yang banyak akan memberikan keuntungan yang tinggi. Begitu pula sebaliknya. Biasanya produktivitas 60% sudah akan tidak memberikan keuntungan. Karena biaya pakan sama dengan hasil telur.

  • Tingkat Konsumsi Pakan yang kecil

Dengan tingkat komsumsi Pakan yang kecil. Maka, Tingkat biaya variabel puyuh perhari akan kecil. Dan keuntungan semakin besar. Namun perlu diingat. Peternak harus jeli. Penurunan kualitas dan kuantitas pakan dapat menurunkan produktivitas.

Yang saya maksud tingkat konsumsi pakan yang kecil adalah Pemilihan penggunaan pakan campur/buatan sendiri dan penggunaan pakan pabrikan puyuh. Contoh pakan pabrikan : pakan puyuh petelur dari comfed,pokphand dll.

Sedangkan pakan campur biasanya antara pakan pabrik, konsentrat dan katul. Yang diracik secara gizi hampir sama dengan pakan pabrikan. Tujuannya adalah menurunkan biaya pakan. Namun tetap dapat mempertahankan produksi telur.

Peternak harus jeli. Penggunaan pakan pabrik dengan harga lebih mahal. Konsumsi pakan 22 gram/ekor/hari. Atau, penggunaan pakan campur yang murah. Kemungkinan komsumsi 24-26 gram/ekor/hari. Diteliti bagaimana jumlah konsumsi dan Pengaruhnya terhadap produktivitas.

  • Minimalisir Angka Kematian

Meminimalisir angka kematian. Berarti juga mempertahankan produktivitas. Sama seperti poin pertama. Namun, yang saya maksud adalah mengurangi angka kematian dengan menjaga kesehatan puyuh.

Caranya adalah dengan pemberian vaksin, vitamin dan Jamu.

Kalo kita bertanya di toko peternakan tentang vaksin. Maka tidak ada vaksin khusus puyuh. Adanya vaksin aves/burung. Kebanyakan dipergunakan untuk ayam petelur/pedaging. Namun, vaksin ini bisa diterapkan di puyuh. Biasanya saya menggunakan vaksin ND-iB, Ghumboro,ND-Lasona dan ND-all kill (ND-AI).

Seringnya malah saya tidak menggunakan ND-AI. Karena saya kurang percaya antibodi AI (avian influensa). Karena kalo puyuh kena AI kemungkinan tidak bisa bertahan. Karena memang virus AI belum ditemukan obatnya.

Saya lebih memilih jamu ketimbang vitamin. Pemberian vitamin seperti mediegg, vitachick, vitastress, fortavit. Malah menurunkan produksi. Candaan dari teman “Emang puyuhmu ngejak sugeh/diwek i vitamin kok malah ngelu”.

Hal ini saya sampaikan tanpa mendeskreditkan produsen vitamin di atas. tapi memang pengalaman saya seperti itu. Saya lebih memilih Jamu buat puyuh. Sebagai cara untuk menjaga kesehatan dan Menurunkan kematian puyuh selama berproduksi

  • Manajemen Pembeli/Pengepul/Pengecer yang baik

Harga jual butiran/kg bedakan antara pembeli rumahan, pembeli pengepul dan pembeli pengecer. Biasanya harga pembeli rumahan dan pengecer lebih tinggi daripada pengepul. Harga pengepul lebih murah karena dia beli banyak dan rutin. Sebaliknya harga pengecer untuk dijual di pasar dan toko kelontong. Serta pembeli rumahan lebih mahal karena dia beli tidak rutin dan jumlah lebih sedikit. Sebaiknya harga nya jangan di samakan.

Apabila pengecer atau pengepul kita kurang baik fasilitasnya. Misal harga tidak mengikuti harga pasaran. Ambil telur tidak bawa eggtray. Sebaiknya kita segera pindah pembeli. Karena jelas tidak bonafit.

Pemesanan Bibit Puyuh 0 hr/Pemesanan Puyuh remaja 30 hr/Pemesanan Kandang Puyuh==SMS/LINE/WA/TELEGRAM : 0856-499-77-001

artikel terkait :

2 Replies to “Masih Akan Menggiurkankah Beternak Puyuh? – Faktor Penting dalam mempertahankan keuntungan beternak puyuh – cara beternak puyuh”

  1. deket dengan kota tentunya tidak punya pengepul akhirnya jual sendiri harga sama ditingkat peternak terpaksa atau kalo ke pengepul selisihnya Rp 1000 bagi kami peternak kecil ambang batas toleransi telur menumpuk sama dengan 1 sak pakan pabrikan yang penting balik modal pakan sisanya berupa keberuntungan

    • maksih mas komentarnya. kalo pengen tambah profit. usahanya jangan jual telur saja mas. mas bisa tawarkan jasa pembuatan kandang dan pembuatan puyuh remaja ke teman sesama peternak.
      terus berjuang mas.

Tinggalkan Balasan