manfaat hidangan telur puyuh dalam makanan sehari hari

hidangan telur puyuh
hidangan telur puyuh
Telur puyuh adalah telur dari burung puyuh. Sudah umum menjadi bahan makanan di berbagai tradisi kuliner di dunia, termasuk di Asia, Eropa, dan Amerika. Serta Indonesia

Di Kediri Jawa Timur puyuh rebus di sate bumbu kecap. Kerap dijadikan kudapan penjaja makanan kuliner pecel tumpang di Jalan Dhoho.

Di Masyarakat timbul prasangka bahwa telur puyuh tinggi kolesterol. Mampu menyebabkan penyakit kolesterol. Bahaya bagi kesehatan.
Mungkin hal ini  perlu di kaji kembali.
Kemungkinan bahaya kolesterol karena adanya konsumsi telur puyuh yang berlebih dan berkepanjangan.
Tapi Sebenarnya ada banyak manfaat hidangan telur puyuh dalam makanan sehari hari.
  •  Telur puyuh merupakan sumber protein terbaik. Harga lebih Murah dibandingkan Telur ayam.
    Seratus gram telur puyuh mengandung 13,05 gram protein, sedikit lebih tinggi dari telur ayam maupun telur bebek.
  • Protein telur dibandingkan dengan protein hewani lainnya adalah daya cernanya yang sangat tinggi. Artinya, setiap gram protein yang masuk akan dicerna di dalam tubuh secara sempurna.

artikel terkait : persiapan beternak puyuh secara bertahap

  • Telur puyuh juga kaya akan kolin. Kolin berperan penting di dalam tubuh, terutama bagi perkembangan fungsi otak. Hal tersebut berkaitan dengan peran kolin sebagai komponen asetilkolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf. Asupan kolin yang cukup akan membantu kerja sinyal saraf pada otak, sehingga dapat memperkuat daya ingat anak-anak dan menghindari kepikunan pada orang lanjut usia (lansia).
  • Ibu-ibu yang sedang dalam taraf prakehamilan hingga menyusui, sebaiknya mulai mengonsumsi makanan sumber kolin, seperti telur puyuh, dalam jumlah cukup banyak. Hal tersebut penting untuk mendukung perkembangan otak janin.
  • Penelitian yang dilakukan Ladd dkk (1993) menunjukkan, kolin tidak hanya baik dikonsumsi mereka yang sedang dalam tahap pertumbuhan, tetapi juga oleh kaum lanjut usia. Telur puyuh salah satu sumber kolin tsb
  • di dalam warna kuning telur puyuh mengandung senyawa lutein dan zeaksantin. Kedua senyawa itu merupakan pigmen yang memberikan warna kuning. Konsumsi makanan yang kaya lutein dan zeaksantin akan meningkatkan kandungan lutein dan zeaksantin dalam retina mata.yang berpotensi menyerap cahaya biru hingga 20-90 persen. khususnya untuk anak-anak yang sering menonton TV
  • Lutein setiap hari dapat memperlambat proses penuaan hingga 40 persen. Tubuh pun terlihat awet muda.
Sangat beruntung saya karena saya punya telur puyuh yang diproduksi oleh puyuh saya setiap hari. Keluarga saya juga saya biasakan menkonsumsi telur  puyuh
untuk sesekali mengkonsumsi telur puyuh tidak ada salahnya. yang penting tidak berlebih. misal konsumsinya sampai 1 rit selama satu bulan gitu.

 

Sumber : puyuhjaya,wikipedia

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.