Keyword/Kata Kunci. Cara Mendapatkan Keyword untuk Membuat Artikel supaya Ranking 1 Google agar mendapatkan Trafik ke website kita

Cara mendapatkan keyword untuk membuat artikel supaya ranking 1 google. Kuncinya adalah kamu harus melakukan riset keyword (kata kunci) dahulu. Dan memakainya untuk judul artikelmu.

Sudah menjadi rahasia umum bagi penulis blog yang ingin mendapatkan penghasilan dari blognya. Bahwa semua artikelnya harus menduduki setidaknya no 1-3 di hasil pencarian di google. Kalo bisa sih harus rangking 1 google yah. Kalo rangking 1 akan lebih banyak di klik sama orang yang mencari informasi dibandingkan urutan bawahnya.

Kalo sudah banyak orang nge klik berarti akan lebih banyak pengunjung. Trafiknya gede. Otomatis kemungkinan blog yang trafiknya gede akan mendatangkan income yang lebih besar.

Cara mendatangkan trafik atau pengunjung website adalah artikelnya. Semakin bagus artikelnya orang bakalan suka. Kekuatan artikel ditentukan oleh penggunaan keyword/kata kunci dalam judul artikel. Kemudian dikembangkan supaya menarik di mata mesin pencari google.

Keyword/Kata Kunci yang Bagus

Apa kata kunci/keyword yang bagus buat judul artikel kita?

Kata kunci yang bagus adalah kata kunci yang banyak dicari orang. Namun, kompetitornya sedikit. Supaya ketika orang cari dengan kata kunci itu. Cuma judul artikel kita yang no 1 di hasil pencarian. Alhasil, web kita yang di klik sama orang.

Untuk itu kalo mau mengambil kata kunci artikel. Jangan asal tebak yah.

Kalo asal tebak mungkin pesaing nya sedikit. Tapi kemungkinan yang cari juga sedikit. Artinya manfaat buat meningkatkan trafik sangat minim.

Supaya mendapatkan kata kunci yang bagus kita harus melakukan riset dulu yah. Ada beberapa tool yang saya ketahui yang dapat digunakan sebagai alat untuk mencari kata kunci. Ada tools yang disediakan versi web (desktop) ada pula berupa aplikasi keyword tool di ponsel.

Cara Riset Keyword di Google

Menggunakan Google Auto Suggestion

Ini cara yang paling mudah. Tanpa menggunakan tool yang rumit.

Google Auto Suggestion adalah Informasi kata kunci relevan yang tampil di kotak pencarian google/google search box. misal kita akan cari kata kunci ” riset keyword google”.

Caranya kamu ketik google.co.id di URL browser. Ketik di kotak pencariannya. “allintitle:riset keyword google” hasilnya adalah

riset keyword google
riset keyword google

Ada 967 hasil. artinya ada 967 kompetitor kamu yang memakai kata kunci yang sama dengan kita. itu gak good tahu.

Seharusnya hasil pencariannya nol. atau gak ada hasil. artinya kata kunci yang kamu pakai tidak ada kompetitor/pesaing.

Menggunakan Uber Suggest dan keywordtool.io

Penggunaan uber suggest dan keywordtoll.io ini kita dapat melihat sekian banyak rekomendasi variasi kata kunci. Dari sekian banyak varian kita dapat memilihnya mana yang cocok untuk dijadikan judul artikel

BAca yuk : kursus online, cara memulai bisnis online dengan tutorial gratisan
Menggunakan Google Trends

Untuk menggunakan google trends kita masuk aja di kotak pencarian google. ketik google trends. atau masuk kan alamat ke trends,google.co.id

Disini kata kunci kamu akan di tampilkan sesuai wilayah pencarian. kurun waktu pencarian dan pencarian berdasarkan pencarian kata kunci web. Kata kunci akan diurutkan berdasarkan jumlah pencari. Kalo pencarinya 100 berarti pencarian yang tertinggi.

Hasilnya akan menunjukkan dimana kata kunci itu dicari. Bisa diurutkan berdasarkan wilayah maupun nama kota.

Menggunakan Adword Keyword Planner

Yakni tool yang di sediakan google adword untuk para pengiklan di google. Untuk mendapatkan data kata kunci yang sering dicari oleh pengguna google search.

Hasil yang dimunculkan berupa data. Kata kunci yang sering muncul per bulan. Berapa kompetisi kata kunci tersebut. Sampai bid untuk target kata kuncinya.

Tools Yang Digunakan Untuk Mendapatkan keyword untuk membuat artikel supaya ranking 1 google supaya mendapatkan trafik ke website kita

Yang saya pakai adalah Google Trends dan Keywordtool.io

Google Trends saya pakai untuk mendapatkan dan membandingkan beberapa kata kunci yang saya persiapkan untuk judul artikel. Sedangkan Keywordtool.io saya gunakan untuk mencari Keyword yang panjang.

Supaya Ranking 1 GOOGLE

Supaya rangking 1 Google. Keyword panjang yang telah kita pilih harus kita tambahkan kata – kata lain. Kata kunci yang kita pilih akan menjadi Keyword Long Tail.

Keyword Long Tail adalah kata kunci buatan kita yang mempunyai panjang 20-50 kata. Fungsinya adalah untuk mentargetkan kata kunci yang tidak mempunyai kompetitor. Sehingga kita akan mudah Ranking 1 Google.

Contoh saya pakai keyword “cara mendapatkan keyword” dan saya cek ketersediaannya di google search. hasilnya

cara mendapatkan keyword
cara mendapatkan keyword

Ada 168 kompetitor. Lalu saya tambahkan kata di belakangnya menjadi “cara mendapatkan keyword untuk membuat artikel supaya ranking 1 google supaya mendapatkan trafik ke website kita”

Hasilnya

long tail keyword
long tail keyword

Tuh artinya gak ada kompetitor. Kita Bisa pakai untuk Judul Artikel kita

About Khamim

Hi, Selamat Datang di personal blog saya..
Nama Saya Khamim Nugroho Iswanto, saya seorang peternak agropreneur yang sedang mendalami online business. Di web ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana pengalaman saya beternak puyuh dan serba serbi online bisnis. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk semua pembaca yang datang di blog saya.
Selanjutnya kamu bisa liat profil saya lebih lanjut di halaman facebook saya. Semoga dengan kita berkenalan bisa menjadi teman. Dan kedepannya kita bisa syaring ilmu dan saling memberi manfaat. Selamat membaca..

Tinggalkan Balasan