Jenis Kandang puyuh di fase starter grower dan layer

Jenis Kandang puyuh di fase starter grower dan layer  :

  • Kandang puyuh fase starter

    Kandang puyuh starter berbentuk panggung yang disusun 4 ke atas. Ditutup oleh triplek di belakang, kanan dan kiri. Sedangkan dibagian depan ditutup kawat ram/reyner. Kemudian di bagian depan kawat ram dapat ditutup oleh kertas/plastik. Supaya suhu tetap stabil di dalam kandang.

kandang starter dengan lampu nyala
kandang starter dengan lampu nyala

Terdapat 2 buah lampu yang berfungsi sebagai pemanas di dalam kandang. Lampu disusun dapat diturunkan dan dinaikkan untuk mengatur suhu di dalam kandang.

  • Kandang puyuh fase grower

    Kandang puyuh fase grower berbentuk seperti kandang starter. Tetapi di bagian samping kiri,kanan dan depan kawat ram/reyner. Tanpa penutup depan. Tanpa lampu di bagian dalam.

kandang grower. sumber :peternakpuyuhcom
kandang grower. sumber :peternakpuyuhcom

Kandang grower milik saya berbentuk sama dengan kandang starter. Namun triplek di kanan dan kiri saya buka. Lampu saya matikan dan di lepas. Penutup kertas depan saya buang. Jumlah puyuh saya kurangi dari 100 ekor menjadi 50 ekor. Dipindahkan ke kandang grower lainnya.

  • Kandang puyuh fase layer

    Kandang layer merupakan kandang puyuh yang sudah siap bertelur. Ada beberapa tipe kandang layer. Model baterai/trap/baterai jawa tengah. Rinciannya akan dibahas di artikel berikutnya.

kandang layer saya model jateng modifikasi wadah minum combor. lebih mudah penggantian airnya
kandang layer saya model jateng modifikasi wadah minum combor. lebih mudah penggantian airnya

Kandang fase layer dibuat berdasarkan kegunaan. Supaya mudah pengambilan telur. Mudah pemberian makan dan minum. Diatur supaya minum tidak tumpah ke wadah pakan. Dan wadah pakan diatur supaya dapat menampung pakan yang cukup untuk konsumsi 24 jam.

artikel terkait :

 

 

Tinggalkan Balasan