Hindari Stress Bila Ingin Bahagia. Cara Menghilangkan Stress dengan Mudah

Pernah mengalami stress kan?

Saya yakin semua orang tak perduli batasan usia dan profesi. Pernah mengalami stress.

penyebab stress
penyebab stress

Karena hidup adalah sekumpulan masalah yang menunggu untuk diselesaikan. Apabila tidak di manage. atau Mempunyai pengaturan hidup yang baik. Akan mendatangkan stress. Dan akan sangat merugikan kita.

Stress sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu

  • Eustress – Merupakan jenis stress, dimana stress yang muncul akan menyebabkan seseorang ingin melakukan sesuatu yang lebih baik lagi, dan tidak menimbulkan efek negatif atau sering juga dikenal dengan istilah stress positif.
  • Distress –Sering dikenal dengan istilah stress negatif. Inilah stress yang sering dihindari oleh orang-orang, karena akan menyebabkan kondisi tubuh dan mental menjadi terpuruk dan dapat berujung pada depresi.

Tingkat stress seseorang sendiri agak sulit diukur, karena memiliki parameter yang berbeda-beda setiap orang. Biasanya ketika mengalami stress, sesuai dengan kondisi tubuhnya, seseorang kemungkinan akan mengalami beberapa hal berikut ini :

  1. Psikosomatis
  2. Tidak fokus dalam melakukan aktivitas
  3. Menangis
  4. Melakukan tindakan-tindakan yang melanggar norma

Apa saja Kemungkinan penyebab terjadinya stres?

 

Ada berbagai macam kemungkinan/kondisi yang bisa menyebabkan stess. Banyak orang yang bahkan tidak menyadari, apakah kegiatan yang dia lakukan merupakan salah satu bentuk stressor (hal yang menyebabkan stress) atau bukan. Namun, pada umumnya sangat berkaitan dengan aktivitasnya. Berikut kemungkinannya :

1. Stress akademik. Bagi orang yang sedang menjalani pendidikan

2. Beban kerja dan tanggung jawab yang berat. Bagi karyawan yang dituntut untuk melakukan kinerja sesuai target perusahaan. Komunikasi yang jelek antara pimpinan dan bawahan mampu menyebabkan stress

3. Perceraian, Pertengkaran Antar Pasangan dan Orang Tua Tunggal

5. Sakit keras tak Kunjung sembuh

6. Ditinggal oleh anggota keluarga dan juga orang tersayang

7. Hutang, Kerugian Usaha, Gagal Target

8. Kekecewaan yang Mendalam

9. Tekanan dari Lingkungan Sekitar

Cara Menghilangkan Stress dengan Mudah

Cara menghilangkan stress sebenarnya tidak lah sulit. Namun, karena stress tersebut berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari bagaimana kondisi stress yang dialami, dan juga tergantung dari individu tersebut.

Ini beberapa hal yang saya rekomendasikan untuk menghilangkan stess dengan mudah:

  • Lakukan Break/Istirahat sejenak

Apabila Masalah sedang bertumpuk. Dan kepala sudah mulai pusing dan tak menemukan jalan keluar. Lakukan Break dulu. Meski sejenak. Tarik Nafas dalam dalam. Kalo bisa pindah tempat. Sehingga kamu bisa melupakan masalah mu sejenak. Hirup udara segar di luar.

  • Setelah segar kembali. Selesaikan tugasmu.
  • Dekatkan Dirimu dengan Tuhan

Apabila ada masalah. Bagi yang bergama Islam. Lakukan Sholat sunnah dua rakat. Perbanyak Dzikir.

  • Lakukan Relaksasi dan Lakukan Hobi

Relaksasi dan Hobi akan mengalihkan pikiranmu dari masalah. Sehingga akan mengurangi tegangan pikiran dan terhindar stress.

  • Tidur cukup dan berkualitas
  • Bersosialisasi dengan orang lain

Merasa bahwa kamu bukan satu – satunya yang kena stress. Bisa berkomunikasi tentang masalah yang kamu alami akan menurunkan tingkat stess kamu.

sumber :www.deherba.com,halosehat.com

About Khamim

Hi, Selamat Datang di personal blog saya..
Nama Saya Khamim Nugroho Iswanto, saya seorang peternak agropreneur yang sedang mendalami online business. Di web ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana pengalaman saya beternak puyuh dan serba serbi online bisnis. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk semua pembaca yang datang di blog saya.
Selanjutnya kamu bisa liat profil saya lebih lanjut di halaman facebook saya. Semoga dengan kita berkenalan bisa menjadi teman. Dan kedepannya kita bisa syaring ilmu dan saling memberi manfaat. Selamat membaca..

Tinggalkan Balasan