hasil samping usaha beternak puyuh di kediri 2017 dari kotoran dan dagingnya


Selain telur sebagai produk utama beternak puyuh. Puyuh juga menghasilkan daging dan kotoran/feses yang mempunyai harga jual. Itulah hasil samping usaha beternak puyuh.

Puyuh dapat dijadikan sumber pedaging. Biasanya daging puyuh berasal dari afkiran puyuh. Puyuh betina yang sudah tidak bertelur dijual dan diambil dagingnya. Yang kedua berasal dari puyuh jantan yang sengaja diternakkan sebagai puyuh pedaging dan tidak dijadikan pejantan.

Foto Penampungan Akhir Feses. Siap Diolah menjadi Kompos
Foto Penampungan Akhir Feses. Siap Diolah menjadi Kompos

Daging puyuh mempunyai cita rasa khas, gurih dan lezat dengan tekstur yang lembut (puyuh pedaging). Sekarang sudah mulai banyak kedai – kedai atau cafe yang menyediakan kuliner daging puyuh. Artinya permintaan tinggi. Harga afkir perekor di kediri saat ini mencapai harga Rp.2.500 .

Namun belum ada teknologi seperti pemotongan unggas ayam yang tersedia buat pemotongan puyuh. Teknologi hasil panen daging puyuh belum ada.

Kotoran puyuh dapat dimanfaatkan sebagai kompos/pupuk organik. Saya sendiri mengencerkan kompos puyuh ke tanaman tebu saya. Hasilnya lumayan. 100 sak ke tanaman tebu. Menghasilkan tambahan 100 kw pada saat panen. Dibandingkan tanpa penambahan kompos.

Selain digunakan sebagai kompos juga dimanfaatkan oleh peternak ikan sebagai starter media kolam lele dan penghasil jasad renik. Di kediri sendiri 1 sak kompos puyuh kering dihargai Rp. 6.500.

artikel terkait :

Tinggalkan Balasan