Daun Mengkudu untuk Puyuh Petelur Mampu Meningkatkan Kinerja Puyuh. Manfaatkan Tumbuhan Herbal Sekitar Kita

Pohon mengkudu dan buahnya-khamimnugroho.com
Pohon mengkudu dan buahnya-khamimnugroho.com
Di sebelah kandang puyuh petelur saya ada pohon mengkudu yang tumbuh liar. Apabila kamu punya pohon mengkudu di sekitar anda jangan ditebang. Manfaatkan khasiatnya buat kesehatan  puyuh kita.

Setelah baca sana sini ternyata manfaatnya luar biasa. Daun mengkudu untuk puyuh petelur mampu meningkatkan kinerja puyuh.

Prof. Dr. Ir. Yuli Retnani, M.Sc peneliti sekaligus dosen Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor meneliti kandungan mengkudu dan manfaatnya buah puyuh. Ternyata :

  • Daun mengkudu mengandung senyawa aktif seperti flavonoid. Efektif membatasi pergerakan bakteri, semacam Salmonella typhimurium yang menjadi penyebab diare pada DOQ (Day Old Quail/puyuh umur sehari). “Bakteri ini salah satu penyebab mortalitas pada DOQ.  Setelah diteliti di lapangan, mortalitas/kematian puyuh bisa turun hingga 0 %,” ujarnya.
  • Pada eksperimen ekstrak daun mengkudu dengan merebus dan mengambil airnya. Kemudian mencampurkan pada air minum dengan kadar maksimal  15% agar tidak menimbulkan rasa pahit sehingga mengurangi nafsu makan puyuh. Ternyata selain menurunkan bakteri patogen juga bermanfaat pada kelangsungan hidup DOQ. Beberapa ulangan, mortalitas/kematian yang di peternak dengan manajemen baik bisa mencapai 1 %, turun hingga rataan 0,67 %. “Puyuh mempunyai daya tahan tubuh yang bagus dan dia akan cepat tumbuh,” ucapnya.
  • Pada percobaan daya tetas puyuh yang sebelumnya mencapai 70 %, penambahan ekstraksi pada induknya memberikan hasil daya tetas hingga 100 % pada telurnya.
  • Hasil penepungan daun mengkudu secara sederhana dengan mengeringkan dan menggiling daun mengkudu. Dalam aplikasinya pada pakan dengan kadar pemberian Maksimum 9 % dimaksudkan Yuli karena pertimbangan puyuh sebagai unggas yang serat kasarnya tidak boleh tinggi. Didapatkan Biasanya puyuh bertelur setelah 7 minggu menjadi lebih cepat, yakni dalam 5 minggu.  Karena ada pertambahan berat pada puyuh karena pakan yang dicampur tepung mengkudu. Hal ini yang berpengaruh pada waktu dewasa kelaminnya.

Pemilik SQL -Slamet Wuryadi selaku peternak puyuh di daerah Sukabumi Jawa Barat memberanikan diri mengaplikasikan ekstrak dan tepung daun puyuh pada peternakannya. Hasilnya tidak main-main, dia membeberkan 100 butir itu berat telurnya 1444 gram. Rataan per butir bisa mencapai 12,37 gram. Sedangkan yang tanpa perlakuan daun mengkudu beratnya 11,22 gram. “Ini pun tanpa efek samping,” tuturnya

artikel : pakan puyuh petelur buatan sendiri

sumber: trobos.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.