Arsip Kategori: Tips Kesehatan

Lontong Balap Gado Gado Tahu Campur JaksaAgung Suprapto 27 Mojoroto Utara Kimia Farma

Lontong Balap Gado Gado Tahu Campur JaksaAgung Suprapto 27 Mojoroto Utara Kimia Farma.

Ngapain ? Makan donk.

Periksa ke dokter anak di kimia farma. Anak2 lapar. Minta makan.

Alhamdulillah ada warung dekat situ


Menunya 

  1. Lontong Balap
  2. Gado2
  3. Tahu Campur

Semoga bisa mengganjal perut

Uap buat bayi yang batuk pilek. Lendir gak bisa keluar

Uap buat bayi yang batuk pilek. Lendir gak bisa keluar
Uap buat bayi yang batuk pilek. Lendir gak bisa keluar
Bayi yang batuk pilek. Lendir gk bisa keluar. Bayi diuap.

Kenapa

Biar lendir di tenggorokan. Bisa cair.  Lebih baik lagi kalo lendir bisa dimuntahkan. Kalaupun gak bisa dimuntahkan. Biasanya lendir keluar lewat dubur.

Nah ini kisah kami. Periksa di dokter anak. dr. Niken Apotik Kimia Farma Mojoroto Kediri

Ternyata Pilek yang terlalu lama pada bayi itu gak baik.

Karena saluran telinga hidung tenggorokan pada usia bayi itu sejajar.

Karena itu pilek yang terlalu lama akan mengganggu hidung dan telinga.

Telinga akan kopok en bahasa jawanya.

Dan matanya akan keluar blobok. Blobok en istilah jawanya.

Itu pertanda bahwa pilek nya pada kondisi yang cukup serius

Jerawat Timbul Akibat Minyak pada Wajah Atasi dengan Bedak Tepung Beras di Rumah Dibuat Bedak. Dari Pengalaman Nyata Istri

Cara-menghilangkan-noda-flek-hitam-bekas-jerawat
Cara-menghilangkan-noda-flek-hitam-bekas-jerawat sumber:bebasjerawatan.blogspot.com

Jerawat Pasti bikin kesal.

Bagi para remaja. Bikin gak pede kalo pengen gaul sama teman kamu.

gak yes gituh. kalo pas jerawatan.

Jerawat bisa ditimbulkan akibat perubahan hormon pada saat menstruasi atau karena kondisi kulit wajah kamu yang berminyak.

Pada ibu hamil atau menyusui. Saat kondisi hormon kamu tidak stabil/tidak normal. Dapat terjadi jerawatan pada wajah.

Pengalaman yang dialami istri saya mengatasi hal itu adalah dengan membuat tepung beras menjadi bedak wajah.

Ternyata setelah dipraktekkan membuahkan hasil. Kelenjar minyak yang membesar pada wajah saat istri menyusui. Mengakibatan timbul jerawat. Dengan memakai tepung beras menjadi bedak. Mampu mengurasi. Mampu menyerap minyak pada wajah. Akhirnya jerawat kempes. Lama kelamaan. Menghilang dari permukaan wajah kamu.

Patut dicoba. Pengalaman Pribadi

Simak Juga : Tips Menurunan Berat Badan

 

Alternatif Dokter Spesialis Syaraf di Kediri Jawa Timur

Alternatif Dokter Spesialis Syaraf di Kediri Jawa Timur. Saya dikasih tau sama teman ortu. Yang pernah kena struk. Sering masuk rumah sakit. 

Dikasih obat sama dokter. Eh, malah suka jantungan. Keringan dingin. Badan suka bergetar-dredek.

Akhirnya pindah ke dokter yang ini. Kok ya cocok. Gak ada keluhan.

Ni informasi yang bagus banget buat yang punya keluhan syaraf.

Saya gak tau jalan apa namanya. Pokoknya dekat stasiun kediri. Dari jalan dhoho ke selatan hingga ada pertigaan. 

Kalo kita belok ke kiri(timur). Mengarah ke stasiun kediri. Itu masuk aja ke arah stasiun kemudian putar balik. Cari bor apotek Kimia Farma Kediri. 

Dokter spesialis syaraf dr. Moch Syahrial P Sp.S di Kimia Farma.

Antrinya banyak banget. Meski dokter datang biasanya jam 19.00. Tapi pasien yang ambil nomor antrian mulai jam 17.00

Semoga bermanfaat ilmunya.

Cara Periksa Kesehatan. Cara Kontrol Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Bhayangkara

Sekarang antrian Kontrol Dokter di Rumah Sakit Bhayangkara. Sudah Ngalahin Ramainya Pasar.

Wuh. Ramai Banget. Baiknya pagi sekali ambil nomor antrian deh.

Begini Cara Periksa Kesehatan. Cara Kontrol Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Bhayangkara:

  1. Ambil nomor antrian untuk antri daftar di poli penyakit dalamCara Periksa Kesehatan. Cara Kontrol Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Bhayangkara
  2. Antri daftar periksa pasien. Yang di data nama, keluhan penyakit, tujuan pelayanan kesehatan. Karena ke poli penyakit dalam. Ya tujuan pelayanan kesehatan ke poli penyakit dalamCara Periksa Kesehatan. Cara Kontrol Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Bhayangkara
  3. Tulis nama kita di daftar antrian dokter. Di ruang praktek dokter penyakit dalamCara Periksa Kesehatan. Cara Kontrol Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Bhayangkara
  4. Tunggu nama kita dipanggil
  5. Masuk ruang pemeriksaan. Kemudian diperiksa dokter. Dapat resep obat.
  6. Pergi ke apotek untuk tebus obat. Daftar dulu ke apotek. Sehingga dapet no antrian ambil obat.Cara Periksa Kesehatan. Cara Kontrol Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Bhayangkara
  7. Tunggu antrian ambil obat. Dapet obat. Selesai

Karena kita udah siang selesainya periksa. Akhirnya gak ambil obat ke apotik dulu. Jadi Resepnya saya taruh di apotek. Kemudian dapet no urut pengambilan obat. Obatnya saya ambil keesokan harinya. Biar gak kecapekan
Karena kita udah siang selesainya periksa. Akhirnya gak ambil obat ke apotik dulu. Jadi Resepnya saya taruh di apotek. Kemudian dapet no urut pengambilan obat. Obatnya saya ambil keesokan harinya. Biar gak kecapekan
Karena kita udah siang selesainya periksa. Akhirnya gak ambil obat ke apotik dulu. Jadi Resepnya saya taruh di apotek. Kemudian dapet no urut pengambilan obat. Obatnya saya ambil keesokan harinya. Biar gak kecapekan

 

Lapar dan Skala Lapar. Jangan Kalah sama Lapar Waktu Diet dan Puasa

Rasa lapar adalah Biasa. Sangat manusiawi untuk dialami oleh tiap orang. Namun sebelum makan karena serangan rasa lapar, pahami dulu tingkatan-tingkatannya untuk menghindari kegemukan akibat asupan makanan berlebihan.

Lapar

Lapar adalah sensasi fisik sebagai pertanda tubuh kita membutuhkan asupan makanan. Perut keroncongan, memikirkan makanan, kurang konsentrasi hingga mudah marah adalah gejala seseorang merasa lapar. Lapar bisa kembali dirasakan pada 3-4 jam setelah makan dan rasa lapar akan meningkat seiring bertambahnya waktu.

Tapi apabila mengalami Rasa Lapar yang berlebihan. Kita harus Bertanya? Apakah ini Salah satu tanda Gula darah terlalu rendah (hipoglikemia)

Skala Lapar

Ada kalanya kita merasa lapar kembali setelah baru saja menyantap hidangan. Atau merasa lapar setelah melihat makanan di majalah atau layar komputer. Skala lapar dapat membantu membedakan apakah Anda lapar karena lapar sebenarnya (lapar fisik) atau lapar psikologis. Lapar psikologis adalah keinginan makan yang disebabkan oleh emosi tertentu, seperti rasa bahagia, senang, sedih, bosan, atau stres.

Skala lapar dari 1 (kelaparan) hingga 9 (sangat begah) digunakan untuk menggambarkan tingkatan rasa lapar.

Kelaparan

Ditandai dengan  rasa pusing, sakit kepala, tidak bisa berkonsentrasi, bermasalah dengan koordinasi tubuh, dan kehilangan tenaga hingga harus berbaring. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang menjalani diet yang sangat ketat.

Sangat lapar

Disertai dengan perasaan mudah marah dan tersinggung, energi sedikit, perut sangat keroncongan, mungkin merasa mual.

Cukup lapar

Merasakan dorongan kuat untuk makan, perut terasa kosong, dan koordinasi tubuh mulai berkurang.

Mulai merasa sedikit lapar

Mulai berpikir tentang makanan, tubuh memberi sinyal untuk makan.

Tidak kenyang tapi juga tidak lapar

Tubuh memiliki cukup bahan bakar alias energi dan secara fisik atau psikis, tubuh terasa nyaman.

Kenyang

Pada kondisi ini, tubuh berada pada tingkat kenyamanan penuh.

Perut sedikit tidak nyaman atau kekenyangan

Sebenarnya tidak ada ruang untuk makanan lagi. Tubuh bilang “tidak” pada makanan namun pikiran mengatakan “iya”. Kadang terjebak dalam sindrom “sayang bila dibuang”.

Ketidaknyamanan membuat perilaku antisosial

Perut terasa sakit, sangat tidak nyaman, dan begah. Tubuh terasa berat dan lelah, sehingga tidak ingin lagi bergaul. Lebih suka menyendiri di kamar.

Sangat begah hingga muak dengan makanan

Perut sangat penuh hingga tidak mau atau tidak bisa bergerak, dan merasa seperti tidak ingin melihat makanan lagi.

Jika keinginan untuk makan sering muncul, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar lapar?

  • Apa Alasan Anda ingin makan? Kapan terakhir Anda makan? Karena jika nyatanya baru kurang dari 2-3 jam yang lalu Anda makan, maka itu bukan lapar yang
  • Bisakah dengan makan kudapan bergizi yang kaya akan serat meredam lapar hingga waktu makan selanjutnya?
  • Bisakah Anda minum segelas air dan tunggu selama 20 menit? (Saraf di perut mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda kenyang, namun dibutuhkan waktu hingga 20 menit.)

Selain itu, jadwalkan waktu makan besar dan waktu mengemil. Bagilah porsi makan Anda lalu makanlah tiap 3 atau 4 jam sekali dengan porsi kecil.

Jangan sampai Anda makan berlebih ketika lapar karena makan terlalu banyak dapat memicu kelebihan berat badan.

sumber :alodokter.com

Gula Darah Normal dan Cara Mempertahankan Kadar Gula Darah di Kediri

Gula Darah Normal Itu Penting. Sebagai Parameter Kesehatan

Kemarin, Saya dimintai tolong oleh Ayah mengantar ke Toko Peralatan Kesehatan. Untuk Cek Kadar gula darah dan HB.

“Ayah telihat Pucat. Pengen Cek Darah. Tolong dianter” Kata Ayah Saya.

Okeh yah. saya Antar.

Cek Gula Darah dan HB
Cek Gula Darah dan HB

Bagi yang rumahnya jauh dari rumah sakit atau laboratorium. Untuk pengecekan Gula Darah dan HB. Atau kolesterol Bisa di Apotek Terdekat atau Toko Peralatan Kesehatan yang menawarkan jasa cek darah.

Ternyata gak ribet amat. Sudah ada alatnya,

Cukup Alat Jepretan tangan buat coblos tangan dan ambil darah. Dan alat mirip peger/hp. yang bisa menunjukkan kadar gula dan HB. 1 menit selesai.

Harga layanan ini juga cukup murah. Cek HB, Gula Darah dan Tekanan Darah cukup bayar Rp. 15.000,-

Sebenarnya kadar gula darah normal tidak berpatokan pada satu angka baku. Kadar ini bisa berubah seperti saat sebelum dan sesudah Anda makan atau juga saat waktunya tidur.

Seusai makan, sistem pencernaan Anda akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang bisa diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi sel-sel tubuh Anda. Darah mengalirkan zat gula ini menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi.

Namun, zat gula ini harus melewati sebuah ‘pintu’ untuk memasuki sel-sel tersebut. Hormon yang berperan dalam membuka ‘pintu’ itu adalah insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas. Setelah memasuki sel, zat gula ini akan dibakar menjadi energi yang bisa Anda pakai. Gula yang lebih akan disimpan di hati untuk dipakai di kemudian hari.

Berikut kisaran kadar gula darah normal pada tubuh:

  • Sebelum makan: 70 – 130 mg/dL.
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL.
  • Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL.
  • Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL.

Cara Mempertahankan Kadar Gula Darah Normal

Menjaga kadar gula darah agar dalam angka normal sangat penting. Apalagi Anda yang punya diabetes mellitus.

Sebagai informasi. Gula darah terlalu rendah (hipoglikemia) atau tinggi (hiperglikemia) bisa berdampak negatif pada tubuh Anda. Jika gula darah Anda di bawah 70 mg/dL maka Anda mengalami hipoglikemia. Anda dikatakan mengalami hiperglikemia jika kadar gula darah Anda lebih dari 200 mg/dL.

Efek terlalu rendahnya kadar gula darah antara lain:

  • Tubuh lemas.
  • Kulit pucat.
  • Berkeringat.
  • Kelelahan.
  • Kelaparan.
  • Gelisah.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Mudah marah.
  • Kesemutan di area mulut.
  • Tidak mampu berdiri atau berjalan.
  • Kejang.
  • Jantung berdebar.

Efek terlalu tingginya kadar gula darah antara lain:

Untuk menghindari hal di atas, mari jaga kadar gula darah Anda agar tetap dalam batas normal. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan:

  • Olahraga rutin. Dengan rutin berolahraga, Anda bisa menstabilkan gula darah . Lakukan olahraga setidaknya 2,5 jam per minggu secara teratur. Anda bisa melatih kekuatan otot-otot tubuh karena peranannya dalam menggunakan dan menyimpan gula sangat besar. Hal tersebut bisa membuat kadar gula darah tetap normal. Namun ingat, jangan berlebihan melakukan aktivitas fisik karena hal tersebut bisa memicu hipoglikemia.
  • Perhatikan asupan. Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi karbohidrat namun batasi porsinya. Karbohidrat yang bisa Anda pilih yaitu ubi, pasta dari biji-bijian utuh, dan nasi merah. Makanan lain yang bagus untuk Anda konsumsi yaitu kacang-kacangan seperti almond, ikan salmon, daging dada ayam tanpa kulit, brokoli, bayam, dan kayu manis.
  • Makan tepat waktu. Jangan melewatkan waktu makan Anda, terutama sarapan. Jika hal ini terjadi, rasa lapar akan meningkat di jam makan berikutnya. Hasilnya Anda akan makan secara berlebihan, kemudian naiklah gula darah Anda. Makan tiga kali sehari ditambah dua camilan bernutrisi di sela-sela jam makan bisa membantu gula darah tetap normal.
  • Hindari stres. Jika Anda mengalami stres segera atasi karena kondisi ini bisa membuat kadar gula darah Anda meningkat.
  • Selalu sedia camilan manis. Untuk berjaga-jaga, selalu bawa camilan manis seperti permen, guna mencegah kadar gula darah menurun drastis.

Selain dengan cara-cara di atas, Anda juga bisa menjaga kadar gula darah normal Anda dengan rutin melakukan tes gula darah. Tes gula darah bisa dilakukan di rumah sakit atau jika ingin praktis, Anda bisa membeli alat tes gula darah yang bisa dipakai di rumah.

alat cek gula darah 3 in 1. merk easy touch
alat cek gula darah 3 in 1. merk easy touch

Bila ingin Membeli Alat untuk cek kadar gula darah,Kolesterol dan ASAM URAT bisa di Mataharimall. Klik disini

sumber:alodokter.com

Hindari Stress Bila Ingin Bahagia. Cara Menghilangkan Stress dengan Mudah

Pernah mengalami stress kan?

Saya yakin semua orang tak perduli batasan usia dan profesi. Pernah mengalami stress.

penyebab stress
penyebab stress

Karena hidup adalah sekumpulan masalah yang menunggu untuk diselesaikan. Apabila tidak di manage. atau Mempunyai pengaturan hidup yang baik. Akan mendatangkan stress. Dan akan sangat merugikan kita.

Stress sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu

  • Eustress – Merupakan jenis stress, dimana stress yang muncul akan menyebabkan seseorang ingin melakukan sesuatu yang lebih baik lagi, dan tidak menimbulkan efek negatif atau sering juga dikenal dengan istilah stress positif.
  • Distress –Sering dikenal dengan istilah stress negatif. Inilah stress yang sering dihindari oleh orang-orang, karena akan menyebabkan kondisi tubuh dan mental menjadi terpuruk dan dapat berujung pada depresi.

Tingkat stress seseorang sendiri agak sulit diukur, karena memiliki parameter yang berbeda-beda setiap orang. Biasanya ketika mengalami stress, sesuai dengan kondisi tubuhnya, seseorang kemungkinan akan mengalami beberapa hal berikut ini :

  1. Psikosomatis
  2. Tidak fokus dalam melakukan aktivitas
  3. Menangis
  4. Melakukan tindakan-tindakan yang melanggar norma

Apa saja Kemungkinan penyebab terjadinya stres?

 

Ada berbagai macam kemungkinan/kondisi yang bisa menyebabkan stess. Banyak orang yang bahkan tidak menyadari, apakah kegiatan yang dia lakukan merupakan salah satu bentuk stressor (hal yang menyebabkan stress) atau bukan. Namun, pada umumnya sangat berkaitan dengan aktivitasnya. Berikut kemungkinannya :

1. Stress akademik. Bagi orang yang sedang menjalani pendidikan

2. Beban kerja dan tanggung jawab yang berat. Bagi karyawan yang dituntut untuk melakukan kinerja sesuai target perusahaan. Komunikasi yang jelek antara pimpinan dan bawahan mampu menyebabkan stress

3. Perceraian, Pertengkaran Antar Pasangan dan Orang Tua Tunggal

5. Sakit keras tak Kunjung sembuh

6. Ditinggal oleh anggota keluarga dan juga orang tersayang

7. Hutang, Kerugian Usaha, Gagal Target

8. Kekecewaan yang Mendalam

9. Tekanan dari Lingkungan Sekitar

Cara Menghilangkan Stress dengan Mudah

Cara menghilangkan stress sebenarnya tidak lah sulit. Namun, karena stress tersebut berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari bagaimana kondisi stress yang dialami, dan juga tergantung dari individu tersebut.

Ini beberapa hal yang saya rekomendasikan untuk menghilangkan stess dengan mudah:

  • Lakukan Break/Istirahat sejenak

Apabila Masalah sedang bertumpuk. Dan kepala sudah mulai pusing dan tak menemukan jalan keluar. Lakukan Break dulu. Meski sejenak. Tarik Nafas dalam dalam. Kalo bisa pindah tempat. Sehingga kamu bisa melupakan masalah mu sejenak. Hirup udara segar di luar.

  • Setelah segar kembali. Selesaikan tugasmu.
  • Dekatkan Dirimu dengan Tuhan

Apabila ada masalah. Bagi yang bergama Islam. Lakukan Sholat sunnah dua rakat. Perbanyak Dzikir.

  • Lakukan Relaksasi dan Lakukan Hobi

Relaksasi dan Hobi akan mengalihkan pikiranmu dari masalah. Sehingga akan mengurangi tegangan pikiran dan terhindar stress.

  • Tidur cukup dan berkualitas
  • Bersosialisasi dengan orang lain

Merasa bahwa kamu bukan satu – satunya yang kena stress. Bisa berkomunikasi tentang masalah yang kamu alami akan menurunkan tingkat stess kamu.

sumber :www.deherba.com,halosehat.com

Orang Tua Saya Terkena Diabetes. Apakah Saya Bisa Menderita Diabetes Mellitus juga? dan Tips Mencegah Resiki Diabetes Turunan

Jika Memiliki orang tua diabetes mellitus. Apa Bisa Bisa Menderita Diabetes Mellitus juga?

itu pertanyaan yang bagus yah.

Jika kamu pernah membaca artikel mengenai penyakit ini. Maka saya yakin pernah menemukan bahwa

Penderita Diabetes di Indonesia Ketujuh Terbesar di Dunia

WOw

Di Indonesia sendiri, penyakit diabetes sudah menjadi penyakit pembunuh nomor tiga. Hal tersebut diungkapkan oleh Sample Registration Survey 2014. Diabetes dengan kompikasi menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia.

Sementara, data International Diabetes Federation (IDF) menunjukkan, jumlah penyandang diabetes di Indonesia diperkirakan sebesar 10 juta dengan menempati urutan ketujuh tertinggi di dunia.

Hal ini diperparah bahwa diabetesi (sebutan penderita diabetes). Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui bahwa dirinya menderita diabetes.

“Sebagian besar penderita diabetes mengunjungi dokter dalam keadaan kronis. Akibatnya, penderita diabetes tidak terdiagnosis dan tidak diobati hingga mengakibatkan komplikasi berat seperti retinopati, penyakit ginjal, stroke, serangan jantung dan kematian dini,” papar Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. H. M. Subuh, MPPM di Jakarta.

Oleh karena itu. Kita harus belajar mendeteksi penyakit ini secara dini yah.

Bisakah Diabetes Menurun ?

Ternyata.

Faktor turunan (genetik) memang mempunyai peranan penting terhadap berkembangnya penyakit diabetes pada seseorang. Bagaimana mekanisme kerja faktor genetik ini pada penyakit diabetes sangat rumit, dan sampai sekarang masih sedikit yang sudah diketahui oleh para ahli.

Jadi, bila seseorang, misalnya Anda sendiri mempunyai seorang Ibu menderita diabetes, Anda memang mempunyai kemungkinan lebih besar menderita diabetes dibandingkan dengan orang lain yang ke dua orang tuanya normal, apalagi kalau ke dua orang tua Anda penyandang diabetes, kemungkinan itu jadi lebih besar lagi. Tetapi, walaupun orang tua Anda penyandang diabetes, tidak berarti Anda serta-merta juga akan mengalami penyakit yang sama, faktor lingkungan itu juga akan sangat menentukan. Tidak semua anak yang orang tuanya menderita diabetes adalah penyandang diabetes juga di kemudian hari.

Disamping faktor turunan, ternyata faktor lingkungan juga sangat menentukan seseorang akan menderita diabetes atau tidak. Faktor lingkungan itu bisa berupa:

  1. Kegemukan (obesitas)
  2. Pola makan tidak sehat–makan berlebihan
  3. Makanan banyak mengandung karbohidrat olahan
  4. Mengkonsumsi gula berlebihan dan Lemak
  5. Kurang mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan
  6. Gaya hidup santai dan olahraga kurang
  7. Banyak duduk serta aktifitas fisik kurang– dan sebagainya

Tips Mencegah Resiko Diabetes Keturunan

1. Mengontrol Kadar gula

Dengan melakukan pengontrolan secara berkala terhadap kadar gula darah, dapat membantu menurunkan resiko berkembangnya penyakit diabetes. Pada saat seseorang telah divonis dokter memiliki kadar gula darah yang melebihi batas normal yaitu 150 mg/dl, maka sebaiknya ia segera berusaha untuk menormalkan kembali kadar gulanya.

2. Melakukan kegiatan fisik

Seperti penjelasan diatas tadi bahwa seseorang yang kurang gerak dapat memiliki resiko yang tinggi akan penyakit diabetes. Untuk itu, sebaiknya jangan ragu lagi untuk melakukan berbagai macam kegiatan fisik seperti berolahraga secara teratur. Karena dengan berolahraga, dapat melindungi tubuh dari gangguan obesitas, penyebab stress, serta dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

3. Menjaga pola makan

Pola makan yang buruk, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang terlalu manis, mengkonsumsi junk food, maupun jenis-jenis makanan yang banyak mengandung lemak dan makanan yang mengandung kolesterol dapat meningkatkan resiko berkembangnya penyakit diabetes. Maka sebaiknya pilihlah jenis-jenis makanan yang bersumber dari bahan-bahan alami, mengandung gula yang sederhana, mengandung banyak serat, rendah lemak, serta rendah kolesterol untuk menjaga agar sistem pencernaan dalam tubuh dapat berfungsi dengan normal.

Lakukan Pola Makan /Diet yang tidak memberatkan. Untuk menghilangkan sisa makanan yang tidak baik untuk tubuh dalam usus kita. Sehinga kita terhindar dari diabetes dan penyakit lainnya

4. Merubah Pola Pikir

Banyak orang berfikir. Otak adalah pusat dunia. Bagian penting dari tubuh kita adalah otak kita. Saatnya kita berubah. Usus dan Organ pencernaan juga penting. Berikan asupan yang baik. Merubah Pola Makan yang tidak baik menjadi Pola Makan/Diet yang bagus untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

sumber : lifestyle.sindonews.com,lifestyle.kompas.com,halosehat.com