Category Archives: Puyuh

Pakan Puyuh Petelur Buatan Sendiri Dari Campuran Pakan Pabrik Bp104 Konsentrat Ayam 124p Dan Bekatul Oleh Khamim Nugroho Di Kediri Jawa Timur

Keranjang Pakan Aman dari Serangan Tikus
Keranjang Pakan Aman dari Serangan Tikus

Peternak yang sudah berpengalaman pasti mempunyai perhitungan matang mengenai cost produksi telurnya. Cost terbesar terdapat pada pakan puyuh. Sehingga harus ada alternatif pakannya. Untuk itu perlu membuat Pakan Puyuh Petelur Buatan Sendiri dari Campuran Pakan Pabrik BP104 Konsentrat Ayam 124P dan Bekatul.

Semakin peternak bisa menekan biaya/cost produksi. Hasil keuntungan akan maksimal.

Berikut perhitungan Pakan Puyuh Petelur Buatan Sendiri dari Campuran Pakan Pabrik BP104 Konsentrat Ayam 124P dan Bekatul :

perhitungan analisa pakan puyuh petelur dalam kg
perhitungan analisa pakan puyuh petelur dalam kg
analisa jumlah protein bahan pakan puyuh petelur campuran bp104 konsentrat 124p dan bekatul
analisa jumlah protein bahan pakan puyuh petelur campuran bp104 konsentrat 124p dan bekatul

Pada % protein BP104 dilihat dari tabel pakan. Konsentrat 104 juga dari tabel pakan diambil yang terbesar. Sedangkan % protein dari bekatul diambil dari buku “Beternak & Berbisnis Puyuh 3,5 Bulan Balik Modal” Hasil Pengujian Bahan Pakan Lokal dan Hijauan Makanan Ternak Bekasi (Dirjen Peternakan Departemen Pertanian,2009). Kalo mau beli bukunya bisa di beli di sini

Dari Buku diatas juga menyebutkan bahwa kandungan pakan puyuh petelur jumlah % protein yang dibutuhkan minimum 20%. Tetapi saya menuliskan resep untuk hanya 19,82%.

Hal ini dikarenakan di peternakan. Protein jumlah 19-20% ada yang timbul Prolapsus/dobolen. Tetapi tidak di semua peternakan.

Bahkan ada hanya berani membuat pakan dengan kadar protein hanya 18%. Karena saking takutnya terjadi prolapsus dan meningkatnya kematian pada puyuh.

Hal ini menurut saya it’s OKE kalo hanya membuat campuran pakan puyuh petelur hanya 18%. Karena menurut SNI pakan puyuh petelur kadarnya hanya dianjurkan sebesar 17%. Baca SNI Pakan Puyuh Petelur dibawah.

SNI PAKAN PUYUH
SNI PAKAN PUYUH.sumber: pokoketernak53

Jadi kalo saya simpulkan. Pembuatan pakan puyuh petelur sebenarnya harus tetap menilai kondisi puyuh. Apabila dengan resep yang ada tidak timbul prolapsus/dobol. Produksi telur bagus. Maka tidak perlu mengganti – ganti resep campuran pakan puyuh petelur.

baca yuk : cara agar pakan aman dari tikus,

Apabila mengganti – ganti. Takutnya malah terjadi kerugian. Menurunnya produksi telur puyuh. Dikarenakan stress akibat pergantian pakan.

baca yuk: bisnis online dan daftar kelas gratis cara berbisnis online cocok untuk pemula

Cara Agar Puyuh Stabil Produksinya

Cara Agar Puyuh Stabil Produksinya

Produksi Telur Puyuh
Produksi Telur Puyuh

Cara Agar Puyuh stabil produksinya gampang.

Yah jangan biarkan produksi puyuh turun. Caranya adalah

Pakan

Pernah dengar istilah “You Are What You Eat” ? (Anda Adalah Apa yang Kamu Makan)

 

Artinya Pakan itu mempengaruhi produksi telur puyuh. Jika Pakannya jelek. Tidak memenuhi kebutuhan gizi puyuh. Yah, Berarti puyuh bakal kekurangan nutrisi. Hasil produksinya bakal jelek.

Kita boleh pilih pakan pabrikan atau pakan puyuh petelur buatan sendiri. Mana menurut selera. Menurut saya pemilihan pakan pabrik yang sudah di test di laboratorium dan memiliki komposisi yang sesuai dengan SNI Pakan puyuh petelur. Menurut hasil praktek di lapang. Tidak semuanya bagus.

Maksudnya Ada peternak yang cocok dengan pakan pabrik A. Tapi Peternak puyuh yang lain belum tentu cocok. Hal ini disebabkan pakan pabrik A memberikan hasil yang berbeda pada peternak satu dengan yang lainnya.

Untuk Pakan Puyuh Petelur buatan sendiri. Peformanya baik. Asal di ramu mendekati komposisi pakan pabrik dan sesuai dengan SNI.

Buat yang ingin baca pedoman pakan puyuh petelur menurut SNI bisa di baca di http://perundangan.pertanian.go.id/admin/file/Permentan-05-08.pdf

Menurut pengalaman. Penggunaan Pakan puyuh petelur buatan sendiri (pakan campur) memiliki efek negatif pada umur puyuh 7 bulan. Efeknya puyuh sempat turun produksinya. Bahkan ada penurunan berat badan.

Hal ini dapat diatasi dengan penambahan pakan starter broiler pada pakan puyuh petelur buatan sendiri. Biasanya komposisinya 10kg/150kg pakan campur. Atau pemberian starter broiler 1 minggu sekali dengan campuran pakan 1:1.

Pakan starter broiler yang digunakan adalah pakan starter broiler 511.

Populasi Puyuh Per Baterai

kandang puyuh petelur full reyner
kandang puyuh petelur full reyner

Jumlah populasi puyuh yang terlalu banyak. Biasanya produksinya tidak bagus. Kadang bagus di usia muda. Kemudian sering stress di usia menengah.

Hal ini kemungkinan disebabkan. Ketika umur muda jumlah konsumsi pakan belum banyak. Sehingga Kompetisi makannya sangat kecil. Semakin berumur. Jumlah pakan yang dibutuhkan banyak. Kompetisi makan nya semakin tinggi. Dengan ukuran baterai dan Populasi yang terlalu padat. Banyak puyuh yang harus antri makan. Kadang bahkan yang antri tidak kebagian pakan.

Akhirnya kebutuhan pakan perhari tidak tercukupi. Puyuh akan kurus. Produksi bakal turun

Pencahayaan

Pencahayaan puyuh dibutuhkan saat siang hari dan malam hari. Pencahayaan yang kurang di siang hari. Berakibat puyuh malas makan. Sehingga ketika siang hari sekitar jam 13.00 puyuh seharusnya mulai bertelur. Hanya bertelur sebagian. Karena proses makan belum selesai di pagi harinya.

Pencahayaan waktu malam dibutuhkan puyuh untuk makan pakan yang diberikan di sore harinya. Kebutuhan lainnya adalah menurut pengalaman. Apabila kandang tidak diterangi. Biasanya malah dilewati oleh tikus.

Minum yang Cukup

Air minum perlu dikontrol. Apakah di siang hari masih tersedia air minum. Telat air minum berakibat lebih fatal ketimbang telat pakan. Telat minum dapat menyebabkan penurunan produksi secara drastis.

Pariksa ketersediaan air minum untuk kebutuhan sehari. Jangan lupa cek suhu air minum puyuh. Pada waktu cuaca panas biasanya puyuh minum lebih banyak. Apabila  cuaca sangat panas. Puyuh minum lebih banyak.

Cek juga suhunya. Biasanya pada cuaca panas suhu air minum puyuh menjadi hangat. Terutama peternak yang air minum puyuhnya memakai paralon. Usahakan jam 12 siang membuang air dalam tandon. Dan mengisinya dengan air baru yang dingin dari sumur. Biar SUeger…

Jaga Sanitasi dan Ventilasi

Jaga kebersihan kandang baik wadah kotoran yang harus teratur dibersihkan. Lantai kandang rumah/kandang induk juga harus terjaga kebersihannya. Apabila ada telur yang kecil tidak bisa jual. Cepat dibuang. Klontongan telur juga buang. Bangkai puyuh cepat dikubur. Apabila ada rumah laba – laba cepat bersihkan supaya sirkulasi udara lancar.

Akibat lantai kandang indukan tidak bersih. misal BAnyak pakan yang tercecer di lantai. Sak pakan kosong yang tidak tersusun rapi. Biasanya malah menjadi rumah tikus. Dan tikus sering lewat sana.

Tikus biasa cari makan di ceceran pakan di lantai. Kemudian bisa naik ke tempat keluar telur. Dan mencurinya. Biasanya akan terdapat kelontongan telur di tempat pakan atau di lantai. Bahkan di atas genteng tempat jalan tikus.

Yang mengundang tikus sih karena kita tidak bersih. Waspadaa lah

Ventilasi sangat penting juga. Supaya sirkulasi udara lancar. Kandang puyuh menimbulkan bau amoniak. Karena kotorannya. Apabila kandang tidak mempunyai sirkulaasi udara yang bagus. Puyuh stres bro.

Apalagi kamu yang punya kandang yang ditutup rapat dengan plastik. Sebaiknya jangan ditutup seharian. Apabila cuaca dingin. atau waktu malam saja di tutup. di pagi dan di siang hari yang panas jangan ditutup rapat. Pokoknya usahakan Sirkulasi udara lancar.

Cek Kesehatan Puyuh

Puyuh yang sakit harus segera di deteksi. Pisahkan dari puyuh sehat. Supaya tidak menular. Lakukan dengan cepat dan sigap.

Kemudian lakukan penyembuhan dengan pemberian obat vitamin maupun jamu puyuh untuk menjaga kesehatan.

Cek tetangga yang mempunyai unggas bebek atau ayam yang sakit.

Pengalaman teman. Puyuhnya di afkir sebelum waktunya. Karena tetangganya punya bebek yang kena penyakit. Beberapa hari kemudian menular ke kandang puyuh. Akhinya kematian perhari mencapai 10-20 ekor per hari. Terpaksa di afkir.

baca yuk: kursus online, cara memulai bisnis online dengan tutorial gratisan

Selanjutnya beliau memindahkan kandangnya ke tempat lain. Ketika umur 4 bulan baru dikembalikan ke kandang semula. Tapi tiap hari disemprot dengan antiseptik. Alhamduliillah masih selamat puyuhnya sampai sekarang.

Adanya perubahan cuaca yang drastis biasanya produksi turun atasi dengan vitamin, obat dan jamu.

Bila tidak mempunyai stok vitamin, obat dan jamu. Untuk mengatasi sementara dapat menambahkan gula kedalam air minum. Sebanyak 1 sendok gula pasir/gula jawa/aren. kedalam 10 liter air minum. Kalo saya pake Gula aren. Karena kandungan sukrosanya lebih sedikit dibanding gula pasir. Pengalaman, pemberian air minum yang terlalu manis tidak baik untuk puyuh. Penambahan ini adalah untuk minum penambah energi aja.

Apabila produksi turun drastis. Gunakan obat peningkat produksi dengan dosis kecil/perangsang telur seperti mediegg atau fortavit.

Kucing dan Suara Bising

Kucing lewat di atap esbes. Kemudian bertengkar diatas kandang. Bisa membuat kaget puyuh. Berakibat produksi turun. Adanya luka pada kepala puyuh akibat kaget dan terbentur penutup baterai atas (kandang tutup bambu).

Kalo kucing bisa masuk kandang indukan/kandang rumahan puyuh. Bisa gawat.Biasanya makan kepala puyuh. Angka kematiannya akan tinggi apablia tidak bisa menanggulangi hal ini..

Suara bisingwaktu ada acara penganten di tetangga. Atau suara Letusan petasan dan kembang api waktu hari raya tiba bisa menurunkan produksi.

Solusinya biasakan kandang dipasang radio. Supaya suara radio menutupi suara bising di luar kandang. Biasanya tidak akan membuat kaget puyuh dan puyuh tenang.

sekian yang saya tahu. Apabila artikel ini bermanfaat. Jangan sungkan untuk share ke taman kamu lewat tombol share whatapp. facebook dan yang lain.

Komen juga boleh biar saya tambah ilmu.
share dan tag juga boleh

Beternak Puyuh dan Harga Diri Peternak

Pernahkan kamu mengalami yang saya alami. Situasi yang memaksa kamu untuk berhenti beternak puyuh? wah gawat.
Mungkin kamu harus berhenti karena harga telur puyuh tak kunjung naik. Usaha beternak puyuh kamu merugi?

Mungkin puyuh kamu kena penyakit dan kamu harus afkir semuanya. Karena dari sisi peternakan merugi juga?

Mungkin kamu pertama kali memulai usaha puyuh. Ilmu peternakan kamu belum mahir dan mengalami kerugian sehingga terpaksa gulung tikar beternak puyuhnya?

Atau kamu mungkin pernah kena harga pulet/puyuh remaja yang di jual ke kamu harganya terlalu mahal. Kemudian saat kamu jual telur kamu dikasih harga dibawah harga pasaran yang ada? Afkiran pas harga murah pula? (capek deh..)

Kamu mungkin juga memulai usaha puyuh. Tapi manajemen keuangan kamu jelek. Akhirnya merugi. Kamu tutup peternakan kamu?

Atapun kamu pernah disupport permodalan dari lembaga tertentu. Kemudian ternyata. Setelah beli kandang layer dan buat kandang rumahannya. Modalnya gak keluar keluar. Akhirnya tidak jadi beternak puyuh?

Trus.

tetangga/teman/mertua kamu bertanya. Bagaimana perkembangan beternak puyuh kamu?

Untung gak??

Kamu jawabnya kira – kira Jujur gak ya??!

atau kamu cari alasan logis, coba mencari kambing hitam kenapa usaha puyuh kamu gak jalan/gagal? (tipikal mikir harga diri “usaha kok gagal terus??” Jaim sama mertua)

Saran saya sih.

Jangan utamakan harga diri.

Utamakan lah “Sarapan” (bercanda). Biar gak lapar. Sarapan penting.

Kalo kita utamakan harga diri/ego dan tidak mengutamakan logika. Maka mungkin tiap mau memulai usaha apapun tidak akan menemukan jalan keluar permasalahan.

Kalo di kasus saya.

Saya pernah berhenti beternak puyuh karena situasi yang lebih penting. Istri saya melahirkan dengan cara operasi sesar (SC). 2 Anak saya pagi haru mempersiapkan sekolahnya. Bayi nya butuh menjemur kalo jam 7 pagi. Istri saya sendiri tidak bisa leluasa bergerak karena perutnya (luka operasi) masih dalam masa penyembuhan dan pemulihan.

Akhirnya semua puyuh saya yang masih berusia 4 bulan dan 7 bulan saya afkir semuanya. Saya lebih mengutamakan keluarga di banding beternak puyuh.

Selain puyuh masih ada sewa – sewa lahan pertanian yang masih bisa saya gunakan menghidupi keluarga (pikir saya).

Saat sahabat/tetangga/mertua bertanya kepada saya. Bagaimana perkembangan puyuh saya. Ya saya jawab jujur saja apa adanya. Toh, memang keadaannya seperti itu.

Mungkin beberapa orang berpendapat. Berhenti usaha puyuh berarti kegagalan.

Namun apabila kita bisa mengambil perspektif/pandangan yang beda. Cara mengartikannya juga berbeda.

Kita bisa mengartikannya mungkin kita gak jodoh berternak puyuh. Bisa saja kan.

Dari kegagalan kita. Kita bisa move on. Trus Tuhan membukakan pintu rejeki yang lain yang mungkin tidak kita sangka. Dari situ malah kita bisa berhasil. Siapa yang tahu?

Yang penting.

Jangan buruk sangka dulu. Berusahalah Maksimal. Kalo gagal cepat move on.

Ingat.

Manusia hanya berkuajiban berusaha.

Masalah Hasil TUHAN yang menentukan. Manusia tidak kuasa mempengaruhi hasil atas usahanya.

Just keep working, Never forget Praying.

Tetap berusaha/bekerja dan jangan lupa doa.

Peternak Puyuh jenis apa yang kamu pilih-v.2

Peternak Puyuh jenis apa yang kamu pilih. Pilih dengan bijak.

Peternak puyuh untuk menjual hasil telurnya dapat memilih siapa saja yang mengambil. Bahkan tidak menjualnya ke tengkulak/pengepul. Dapat juga menjualnya secara langsung.

Pilihan mana yang dipilih sepenuhnya tergantung dari peternak puyuh itu sendiri. Semuanya punya kelebihan dan kelemahan masing – masing. Tinggal pilih mana yang cocok untuk dilakukan.

Jenis Peternak Puyuh adalah :

Peternak Puyuh Mandiri

Peternak puyuh mandiri mengusahakan mulai dari pembibitan sampai pemasaran penjualan telurnya sendiri. Tanpa bekerja sama dengan orang lain. 

Biasanya mempunyai kandang indukan. Punya mesin tetas sendiri. Serta kandang puyuh petelur. Biasanya letak kandang petelur dan indukan disendirikan. Tidak dalam satu kandang rumahan. Dan bercampur menjadi satu.

Peternak mengerti teori genetika dalam mengelola turunan puyuh yang baik. Mempunyai jaringan penjualan telur hingga luar kota. Mempunyai manajemen penanganan penyakit yang baik.

Kelebihan menjadi peternak mandiri adalah mereka dapat merasakan hasil yang maksimal dari usaha beternak puyuh. Karena tidak perlu membagi keuntungan dengan pihak lain.

Kelemahannya adalah ketika mereka terkena masalah. Seperti turunnya harga telur. Penyakit yang meraja lela. Maka Mereka akan merasakan dampaknya sendirian.

Peternak Plasma dan Peternak Inti Plasma

Peternak plasma adalah peternak binaan dari peternak inti plasma. Peternak inti plasma adalah peternak mandiri yang mempunyai :

  • Bibit Puyuh Sendiri
  • Pakan Pabrik dengan sistem DO/Pakan Racikan sendiri
  • Dokter/Manajemen Penangan penyakit yang baik
  • Jaringan penjualan telur yang luas
  • Binaan peternak lain yang disebut peternak puyuh plasma

Sedangkan peternak plasma adalah peternak yang menjalankan usaha berternak puyuh menurut SOP (Standar Operating Procedur) dari peternak inti plasma. 

Dia bertugas menjalankan peternakan sesuai tata cara inti plasma. Bertujuan untuk mendapat produktivitas telur tinggi dan menjualnya ke peternak puyuh inti plasma.

Enaknya jadi peternak plasma menjadi bagian peternak inti plasma adalah 

  • Apabila memerlukan bibit puyuh. Akan disediakan dari inti plasma. Dengan jaminan bibit yang baik
  • Mendapatkan pakan. bayar dibelakang. Tukar dengan telur
  • mendapatkan pembinaan tata cara beternak puyuh
  • Apabila memerlukan pakan. Juga disediakan dari peternak inti
  • Apabila terjadi serangan penyakit juga mendapatkan dukungan dari peternak inti

Akan tetapi peternak plasma tidak boleh menjual telurnya secara bebas. Harus menjual ke peternak inti plasma. Harga juga ikut peternak inti plasma dengan prinsip saling menguntungkan.

Peternak Puyuh Campuran

Peternak puyuh campuran adalah peternak puyuh yang tidak sepenuhnya menjual hasil telurnya ke tengkulak atau pengepul telur. 

Bisanya mempunyai jaringan penjualan telur sendiri. Atau dijual di pasar langsung. Namun apabila ada sisa telur yang tidak terjual akan dijual ke tengkulak/pengepul.

Peternak jenis ini biasanya mempunyai modal yang cukup.

Untuk mengadakan pembibitan,perkandangan dan penyediaan pakan. Baik diusahakan secara mandiri maupun sebagian bekerja sama dengan pengepul.

Enaknya jadi peternak campuran adalah bebas menjual hasil telur kemana saja. 

Akan tetapi untuk penangan penyakit. Biasanya mereka usahakan sendiri berdasarkan pengalaman dan informasi dari pengalaman peternak lain. 

Hasil yang mereka dapat biasanya lebih besar dibandingkan peternak layer. Namun semua tergantung kondisi dan situasi pergerakan harga telur dan kelincahan mereka bermanuver di pasar telur.

Daging Puyuh Mempunyai Manfaat Dan Khasiat. Jangan Pandang sebelah mata

Daging Puyuh Mempunyai Manfaat Dan Khasiat. Jangan Pandang sebelah mata

Daging puyuh yang didapat dari hasil afkir puyuh yang sudah tidak berproduksi lagi Mempunyai Manfaat Dan Khasiat.

Manfaat selain membuat perut kenyang. Didalamnya terdapat nutrisi yang baik buat tubuh kita. Manfaat Dan Khasiat daging puyuh diantaranya :

Daging Puyuh Memiliki Kandungan Vitamin E


daging puyuh memiliki kandungan vitamin E. Vitamin tersebut dapat membuat kulit kita sehat dan lembut. Yang kedua dapat mencegah dari penuan dini. Dibutuhkan untuk regenerasi kulit. Sehingga konsumsi daging puyuh Baik untuk kulit

Daging Puyuh Memiliki Kandungan Fosfor Dan Kalsium

.
Daging puyuh memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang dipercaya dapat menjaga dan memperbaiki tulang kita yang rusak atau keropos. Sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosit.

Daging Puyuh Di Percaya Dapat Mengobati Gangguan Pencernaan

Bagi Kamu yang mengalami ganguan di dalam perut. Perlu kita konsultasikan kedokter. Sehingga dapat diketahui penyebabnya.Kita bisa mencoba pengobatan secara herbal seperti memanfaatkan aging puyuh karena di percaya dapat mengobati gangguan pencernaan. Seperti bisul pada usus,gastritis, bisul perut.

Daging Puyuh Melawan Gangguan Pada Sistem Pernafasan

Ternyata tidak hanya manfaat pada daging kelelawar dan tupai saja yang di yakini dapat mengobati gejala penyakit pernafasan daging puyuh juga di yakini dapat mengobati masalah pada pernafasan seperti bronchial asthma,tuberculosis dan vegetative-vascular dystrophy.

Sumber:puyuhjaya

Tipe peternak puyuh : peternak mandiri vs peternak plasma

Ada beberapa tipe peternak puyuh. Tipe ini muncul karena kebutuhan dan pilihan dari peternak sendiri.

Mana yang lebih baik. Tergantung dari peternak. Mana yang lebih cocok dan nyaman menjalankan.

Secara garis besar ada peternak puyuh mandiri dan peternak puyuh plasma.

Peternak Puyuh Mandiri

Peternak puyuh mandiri mengusahakan pembibitan hingga penjualan telurnya dan penjualan puyuh afkir secara mandiri.

Untuk DOQ biasanya mempunyai kandang indukan. Hasil bibit dipakai sendiri.

Peternak puyuh mandiri biasanya mempunyai permodalan yang kuat. Sangat berani memilih pakan pabrikan yang cocok dengan ternaknya. Bahkan jika perlu membuat pakan puyuh petelur sendiri dengan racikan kreasinya.

Penjualan telurnya mempunyai pembeli yang pasti. Biasanya mampu mengirim dalam jumlah besar.

Pembuangan puyuh afkir mempunyai pembeli yang variatif. Sehingga memungkinkan memperoleh harga yang lebih tinggi. 

Beruntung jika kita bisa belajar banyak dari beliau yang sudah mandiri.

Sisi negatifnya. Apabila kena misal harga telur jatuh. Penyakit menyerang. Dan kena masalah lain. Dampaknya berat banget untuk dirasakan sendiri.

Tapi karena peternak mandiri. Punya mental yang BAndel/kuat. Beliau sudah siap dengan resikonya.

Kalo dapet untung. Bisa maksimal. Karena keuntungan diambil sendiri. Tak perlu profit syaring dengan yang lain.

Peternak Puyuh Plasma

Peternak Puyuh Plasma adalah peternak puyuh yang mendapatkan fasilitas atau support dari inti plasma atau komunitas plasma.

Yang saya maksud support terdiri dari:

  1. Binaan cara beternak secara keseluruhan
  2. Fasilitas bibit,pakan,obat2 an
  3. Konsultasi penyakit dan penyediaan jasa dokter hewan
  4. Fasilitas marketing penjualan telur puyuh
  5. Fasilitas penjualan afkir

Support peternak inti plasma tidak pasti seperti diatas. Tergantung inti plasma sendiri ingin memberi fasilitas seberapa jauh kepada peternaknya.

    Tugas peternak plasma adalah loyalitas ke inti plasma. Melakukan tata cara beternak yang baik. Supaya menghasilkan produktivitas yang tinggi. 

    Inti plasma kadang menyediakan modal bagi peternak plasma. Dengan aturan bagi hasil. Atau titip modal saja. Tapi telurnya peternak plasma harus jual sama peternak inti.

    Enaknya. Peternak plasma tidak perlu memikirkan marketing penjualan telur dll. Cuma perlu merawat ternak yang baik.

    Gak enak nya. Terasa terikat dengan aturan2 dalam sistem plasma.

    Peternak Puyuh Campuran

    Yang namanya campuran. Berarti sama kayak peternak plasma. Tapi aturannya masih longgar. Tidak seperti peternak plasma murni.

    Misal bibit,pakan dari inti plasma. Penjualan telur sebagian dikasihkan inti plasma. Sebagian dijual sendiri. Tipe ini lebih fleksibel. Peternak inti dan plasma sama2 tau harga pasar. Dan peternak plasma bisa memutuskan apakah lebih untung jual ke inti plasma atau jual ke pasar sendiri.

    Semua tinggal sebuah pilihan. Tiap pilihan punya peluang dan resiko sendiri.

    Live your choice

    Perbedaan Afkir Puyuh usia muda dan tua sekitar 1 tahun

    Perbedaan afkir puyuh usia muda dan tua sekitar 1 tahun adalah tujuannya.

    Afkir di usia muda. Bisa ditujukan untuk dipakai lagi sebagai puyuh petelur. Diambil produksi telurnya.

    Setelah diafkir. Oleh pengafkir diberikan makanan starter puyuh. Uritan telurnya akan terbentuk lagi. Dan puyuh akan berproduksi lagi. Sayangnya. Umur produksinya tidak akan lama.

    Umumnya afkir puyuh di usia muda. Kemungkinan Dikarenakan:

    • Adanya serangan penyakit
    • Manajemen perawatan puyuh jelek. Sehingga produktivitas jelek.
    • Adanya keluhan tetangga. Bau kotoran menyengat. Sehingga terpaksa ganti usaha.
    • Adanya hama tikus dan kucing yang tidak terkendali. Puyuh menjadi stres
    • Angka kematian puyuh tinggi. Akibat bibit jelek. Sehingga perlu ganti bibitan puyuh
    • Analisa usaha puyuh merugi karena memulai usaha pada saat harga pakan mahal dan harga telur menurun/murah dalam kurun waktu lama

    Alasan puyuh usia tua/senja/puyuh umur rata2 1 tahun dapat dikarenakan:

    • Usia produktif telah habis. Prosentase produksi telur habis
    • Ketidak seimbangan pengeluaran konsumsi untuk pakan dan pemasukan penjualan telur. Pakan mahal dan produksi telur turun. Tidak ada laba usaha.

    Puyuh afkir usia tua biasanya bertujuan diambil daging untuk konsumsi. Karena sudah tidak bertelur.

    Namun dagingnya puyuh tua sebenarnya teksturnya lebih alot dibanding yang muda. Daging puyuh muda lebih empuk dan kenyal.

    Namun apabila dibubut/dicabut bulunya. Puyuh tua lebih kuat. Kulitbya Tidak ikut tercabut dengan bulu.

    Sedangkan puyuh tua apabila dicabuti bulunya. Biasanya kulit luarnya ikut terkelupas. Padahal kulitnya itulah yang katanya membuat daging puyuh gurih dan mempunyai cita rasa yang khas.

    Daging puyuh tua biasanya lebih besar dibandingkan puyuh muda. Karena itu apabila ditimbang gram dagingnya lebih banyak puyuh tua.

    Namun pada puyuh pedaging. Biasanya pejantan. Umur 60-90 hari sudah punya bobot yang cukup pantas dibuat konsumsi.

    Cara Memilih Racun Tikus yang Tepat Hasil Maksimal

    Memilih racun tikus harus tepat. Supaya tikus tidak mengganggu ternak puyuh kita.

    Sudah bukan rahasia lagi kalo tikus merupakan hama pengganggu puyuh. Tikus mampu membawa telur ke atas dan dimakan disana.

    Kita hanya tau jumlah telur berkurang. Ah, kita anggap tidak ada masalah.

    Kalo kita sudah menemukan bekas telur. Baru terpikirkan siapa dalang biang keroknya.

    Bekas cangkang telur puyuh habis dimakan tikus
    Bekas cangkang telur puyuh habis dimakan tikus

    Racun tikus yang saya anggap pilihan tepat tanpa sebut merk. Racun tikus yang tepat adalah

    1. Racunnya dimakan tikus. Kalo tikus tidak mau makan. Percuma
    2. Pilih racun yang sistemik. Mampu merusak sistem tubuh tikus. Seperti merusak pencernaan. Memandulkan fungsi reproduksi.
    3. Racun yang menyebabkan tikus mati kering. Sehingga tidak repot mengubur/mencari sumber bangkai tikus ketika tikus mati.
    Bangkai tikus kering setelah kena racun tikus
    Bangkai tikus kering setelah kena racun tikus

    Selain memilih racun yang tepat. Gunakan racun tikus yang bervariasi. Sehingga tikus tidak mengenali jenis racun yang kita pakai. Penggunaan satu jenis racun tanpa pergantian. Tikus dapat menghafalnya. Akhirnya tikus tidak mau memakan umpan racun kita.

    Tempatkan racun ditempat jalan yang dilewati tikus. Pindah2 kan tempatnya setelah 1 minggu.

    Gunakan variasi jebakan tikus dan racun. Atau gunakan kombinasi keduanya biar efektif.

    Cara beternak puyuh memilih benih puyuh unggulan

    Memilih benih puyuh unggul kuncinya adalah tahu indukannya. Indukan dengan sifat unggul. Akan menghasilkan kualitas anakan yang unggul juga. Kecukupan umur puyuh indukan juga berpengaruh terhadap prosentase tetas dan produktivitas anakan.

    Pastikan indukan jelas telusur keturunannya. Kuat atau ketahanan terhadap penyakit tinggi. Punya umur produksi lama.

    Informasi ini dapat diperoleh dengan bertanya langsung kepada penyedia bibit puyuh. Tanyakan riwayat keturunan yang dia pakai. Umur produktivitasnya. Ketahanan terhadap penyakit dan lainnya.

    Penyedia bibit puyuh yang baik akan senang hati menjawab pertanyaan Anda. Bahkan beberapa diantara mereka mau memberikan jaminan bahwa bibit mereka adalah bibit yang unggul.

    Bibit yang unggul punya ciri:

    1. Jelas asal usul keturunannya, tidak dikawinkan sesama keturunan
    2. Umur produksi telur yang panjang
    3. Tahan terhadap penyakit

    Diamping tanya ke penyedia bibit. Tanyakan juga kepada peternak yang pernah ambil puyuh di penyedia bibit tersebut. Biasanya sesama peternak akan lebih terbuka menjawab pertanyaan kita.

    Syarat peternak puyuh harus punya kasih sayang. Perlakukan ternakmu seperti anakmu

    Peternak puyuh tidak hanya memikirkan bagaimana caranya mendapatkan telur puyuh yang banyak. Supaya peternak mendapatkan untung.

    Paman saya pernah memberikan saya nasihat. Beternak. Harus punya  kasih sayang kepada ternaknya. Perlakukan mereka seperti anakmu.

    Garis bawahi seperti anakmu. Puyuh bukan anak kita sih. Tapi maksudnya perhatiannya seperti anak kita.

    Ketika mereka lapar. Berikanlah makanan yang baik. Cukup untuk tumbuh kembang. Beri makan secara teratur. Minum yang cukup.

    Ketika mereka sakit. Berikan obat. Jamu dengan tepat.

    Ketika mereka bersarang di baterai. Berikan suasana yang nyaman. Suhu yang cukup nyaman. Kepadatan normal. Nyaman untuk bertelur. Kebersihan sanitasi yang baik.

    Kadang. Meski tak logis. Mereka terhubung dengan kehidupan kita. Waktu kita lagi galau. Misal kita sedih galau karena ada masalah. Mereka juga bisa merasakan. Produksi telur akan terganggu.

    Berikan perhatian saat ambil telur. Adakah di baterai ada puyuh yang sakit. Segera pisahkan.

    Apakah ada yang kepalanya berdarah. Perutnya buncit. Ada benjolan di kepala.

    Kasih jamu tiap minggunya. Segera kubur bangkai puyuh. Supaya tidak timbul penyakit. Dan seterusnya.

    Dikasih perhatian dan tidak. Ada perbedaannya kok. Coba saja.