cara mudah dan praktis mengeringkan kotoran puyuh petelur supaya tidak menimbulkan polusi bau secara alami tanpa obat – obatan dan suplemen

Foto Penampungan Akhir Feses. Siap Diolah menjadi Kompos
Foto Penampungan Akhir Feses. Siap Diolah menjadi Kompos
Mengatur kotoran/feses puyuh supaya kering sangat penting. Supaya bau feses tidak menimbulkan polusi ke rumah kita maupun ke tetangga. Feses yang kering juga lebih mudah dimasukkan wadah sak dibandingkan dengan yang basah. Feses basah lebih berat. Bau amoniaknya sangat kental. Pekerja kita akan mengeluh saat memasukkan ke sak wadah jika fesesnya basah.

Beberapa cara yang biasa saya lakukan untuk Mengatur/manage kotoran/feses puyuh supaya tidak bau dan mengganggu tetanggga :

 

  • Penggunaan abu sisa pembakaran mampu mengurangi kadar air feses puyuh

Pembersihan kotoran/feses puyuh dikandang biasanya saya lakukan 3 hari sekali. Supaya tidak mengganggu puyuh di kandang. Supaya tidak stress karena seringnya di obok – obok/dimasuki manusia setiap hari.
Supaya tidak terjadi bau yang sangat menyengat. Supaya feses tidak basah. Kita harus bisa mengurangi kadar air feses. Dengan menggunakan abu sisa pembakaran kayu/sekam/sepah tebu.

Di tempat saya, saya menggunakan abu sisa pembakaran sekam. Dari proses pembakaran/pematangan batu bata. Di tempat saya merupakan sentra produksi batu bata merah. Jadi bahan abu sangat melimpah. Dan diberikan secara percuma. Gratis. Tinggal bawa wadah dan kita mengisinya sendiri. “GOLEK DEWE”

Penggunaan abu mampu mengurangi kadar air di feses puyuh. Biasanya setelah kotoran di bersihkan dari wadah feses. Di bawah baterai puyuh. Wadah saya beri abu dahulu. Sebelum saya kembalikan ke tempat semula.

Feses yang telah dibersihkan dari wadah feses di baterai dimasukkan arko supaya mudah membawanya ke pembuangan akhir feses puyuh. Apabila masih basah bisa ditambahkan lagi abu pada feses supaya lebih kering.

Biasanya pada feses yang kadar air tinggi/basah banget. Penggunaan abu mungkin terlihat memberikan pengaruh sedikit dalam pengeringan. Permukaan masih terlihat lembab. Masih terdapat kadar airnya.

Namun ketika dimasukkan ke pembuangan akhir. Setelah terkena sinar matahari dan angin. Akan lebih cepat kering dibandingkan tanpa pemberian abu terlebih dahulu.

  • Pembuangan akhir tidak perlu diberikan peneduh seng/esbes cukup terpal

    Pengamatan yang saya lakukan di beberapa kandang teman saya. Banyak yang menggunakan pembuangan akhir yang menggunakan peneduh seng/esbes cukup terpal. Hal ini memang ringkas. Tinggal buang. Tinggal. Tidak perlu kuatir kena hujan.

Ternyata hal ini tidak efektif. Feses yang tidak terkena sinar matahari dengan jumlah yang cukup. Serta Terkena angin yang banyak. Malah akan membuat feses lembab.

Akhirnya feses akan tetap basah. Mungkin permukaan terlihat kering. Namun ketika ditusuk dengan bambu dan diaduk sedikit. Dapat kita lihat feses yang dibawah. Akan lembab dan masih basah.

Sedangkan tempat saya yang hanya dikasih peneduh hanya terpal. Tiap pagi tepal saya buka supaya feses terkena sinar matahari langsung sampai sore hari. Apabila sore atau mau hujan/mendung saya tutup kembali terpalnya. Intinya jangan sampai udara malam yang basah/mengandung embun. Dan Air hujan kontak dengan feses.

Baca yuk : cara mendapatkan uang tanpa modal di internet 2017

Hasil menunjukkan feses umur sekitar 10 hari yang kering. Seperti pasir. Berarti feses kadar airnya sangat kecil dan telah kering. Bau amoniak yang tidak terbau. Tekstur yang berpasir.

Pengaturan saya punya sisi positif dan negatifnya. Positifnya feses cepet kering dan tidak bau. Hasilnya sangat memuaskan, Bau amoniaknya sangat minim.

Baca yuk : kursus online, cara memulai bisnis online dengan tutorial gratisan

kotoran puyuh kering. Dapat dilanjutkan pemberian EM4 pertanian (botol kuning) untuk mendapatkan kompos matang/fermentasi.

Sedangkan negatifnya kerjanya agak berat. Cari abu. Buka tutup terpal tiap hari. Tapi menurut saya masih layak kok. Ketimbang bau kotoran di DEMO TETANGGA. Atau parahnya bisa – bisa dipanggil pak RT. “JANGAN SAMPAI”

Pemesanan Bibit Puyuh 0 hr
/Pemesanan Puyuh remaja 30 hr
/Pemesanan Kandang Puyuh
SMS/LINE/WA/TELEGRAM : 0856-499-77-001

Tinggalkan Balasan