Kenali mengapa produksi telur puyuh di kediri menurun ? cara mengatasi kondisi puyuh saat produksinya jatuh bebas, apa yang khamim nugroho lakukan


Kenali mengapa produksi telur puyuh menurun ? Pemeriksaan/pengenalan kondisi puyuh saat produksinya turun

Kenali mengapa produksi telur puyuh di kediri menurun ? cara mengatasi kondisi puyuh saat produksinya jatuh bebas, apa yang khamim nugroho lakukanNaiknya harga pakan, DOC dan turunnya harga telur menuntut supaya beternak lebih efisien. Bayangkan kalo semuanya naik dan produksinya ternak kita menurun. Kita tidak akan mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu. Kita harus mampu mengenali gejala – gejala yang mampu menurunkan efisiensi produksi telur pada ternak kita.

Beberapa kemungkinan yang menyebabkan produksi telur menurun adalah

  • Mutu bibit
  • Kecukupan nutrisi
  • Kesehatan puyuh
  • Kondisi lingkungan
  • Tatalaksana pemeliharaan

Dari kesemua daftar kemungkinan diatas. Yang diurutkan pertama adalah Tatalaksana pemeliharaan. Dan yang diakhirkan adalah mutu bibit.

Mengapa ?

Karena banyak peternak yang kurang pengalaman. Apabila mengalami masalah penurunan produksi. Selalu menyalahkan bibit puyuhnya. Padahal dalam tatalaksana dia belum tentu benar dalam pelaksanaannya.

Apabila peternak sudah memenuhi tatalaksana pemeliharaan. Mampu mengantisipasi kondisi lingkungan. Mampu menjaga kesehatan ternak dengan baik. Mempunyai pakan dengan kecukupan nutrisi. Pastilah produtivitas baik dan terjaga.

Baca yuk : cara mendapatkan uang tanpa modal di internet 2017
Apabila kesemuanya sudah dilakukan tetapi produksinya jelek. Maka kesalahan pastilah di awal ketika memilih mutu bibit puyuhnya.

Kesemua kemungkinan yang menyebabkan produksi telur menurun saling berkaitan. Sebagai peternak harus mampu mengenali kondisi puyuhnya dengan baik

Secara umum yang saya lakukan pemeriksaan/pengenalan kondisi puyuh. Apabila produksinya menurun adalah

Kecukupan nutrisi

Cek pakan yang diberikan apakah sudah memenuhi konsumsi perharinya. Cek minumnya apakah puyuh sampai kehabisan minum.

Pakan yang kurang jumlahnya biasanya menyebabkan telur menjadi kecil dan menurun jumlahnya.

artikel terkait : Minum puyuh niple atau combor? lebih bagus mana?? dilihat dari sisi kelebihan dan kekurangan

Puyuh yang minumnya kurang terpenuhi. Atau habis selama beberapa jam. Mampu menyebabkan jumlah telur menurun drastis. Tidak seperti biasanya.

Oleh karena itu. Sediakanlah minum segar dalam wadah yang cukup. Biasanya kasus kekurangan minum mampu membuat produksi turun sampai kurun mingguan.

Kebutuhan minum puyuh perekor perharinya perkiraan antara 50 ml. Atau 2-2,5 kali jumlah pakan yang dia konsumsi perharinya. Apabila puyuh makan 22 gram/ekor/hari. Maka dia minum 44-55 ml/hari/ekor. Tergantung cuaca.

Lama pencahayaan

Lama pencahayaan yang diterima puyuh sangat berpengaruh terhadap telur yang dihasilkan. Pencahayaan berfungsi untuk merangsang puyuh untuk makan dan minum serta merangsang folicel stimulating hormone (FSH). Menyebabkan puyuh betina rajin bertelur.

Pencahayaan diberikan saat pagi hari sampai siang dari sinar matahari. Malam hari lewat lampu listrik yang diletakkan di dalam kandang rumahan puyuh.

Setel lama pencahayaan sesuai kondisi puyuh kita. Apabila kebanyakan cahaya. Puyuh makan lebih banyak dari normal. Menyebabkan dobol atau prolapsus.

Apabila kurang pencahayaan. Puyuh malas bertelur.

Cek kebersihan kandang

Lakukan pemeriksaan wadah pakannya. Apakah ada yang berjamur. Apabila ada cepat bersihkan. Karena mampu menyebabkan penyakit pada puyuh. Produksinya bisa turun.

Periksa wadah minumnya. Lakukan pembersihan secara rutin. Ganti air minumnya secara berkali/setiap hari.

Lakukan penyemprotan apabila diperlukan. Untuk antisipasi terhadap serangan penyakit.

Penyemprotan dilakukan dengan disinfektan atau biang EM4. Lakukan penyemprotan sebagai pengendalian penyakit. Dan mengontrol suhu di kandang apabila kondisi cuaca sangat panas. Menurut pengalaman saya Puyuh optimal bertelur pada suhu 30-32’C.

Cek adanya penyakit

Penurunan produksi biasanya indikator adanya serangan penyakit. Untuk itu saya mengendalikannya dengan pemberian jamu tiap minggunya. Melakukan vaksinasi pada puyuh.

Lakukan pengenalan gejala pada puyuh kita berupa pemeriksaan apakah puyuh lesu dan bulu kusam, mata berair, keluar ingus dari hidung, batuk, rontok bulu, pincang, sampai jumlah kematian perharinya.

Jika melihat seekor puyuh sakit, lakukan isolasi atau pengafkiran.

Amati keseluruhan populasi secara teliti. Jika curiga ada serangan penyakit, segera hubungi dokter hewan setempat agar dapat membantu memeriksa sehingga diperoleh diagnosa dan pengobatan yang akurat.

Amati puyuh jika si burung stres

apakah stres karena kecewa?.. Tidak ada puyuh pejantan dalam kandangnya?

Hhhaaa,,.. becanda

Beberapa yang menyebabkan puyuh stres adalah kebisingan (polusi suara), kedinginan (lembab) dan kepanasan (heat stress), pemindahan/penangkapan puyuh untuk diseleksi atau di afkir.

Puyuh yang kaget karena terkejut (suara bising yang mendadak) biasanya meloncat. Kepalanya terluka dan keluar darah. Telur menurun.

artikel terkait: Faktor Penting dalam mempertahan keuntungan beternak puyuh-cara beternak puyuh

Puyuh kedinginan karena hujan terus menerus. Kandang harus di tutup. Awas jangan sampai hawa tidak lancar. Kandang lembab. Kandang berbau amonia tajam. Puyuh bisa stres.

Kondisi cuaca yang sangat panas. Juga mampu menyebabkan produksi turun. Kondisi cuaca panas fisiologi tubuh ayam akan mengubah prioritasnya dari semula untuk produksi telur menjadi untuk bertahan hidup.

Kondisi cuaca panas juga menyebabkan puyuh lebih banyak minum. Nutrisi pakan yang telah dikonsumsi digelontor dengan banyak air minum. Dikeluarkan lewat feses. Hal ini juga dapat menyebabkan produksi menurun.

Oleh sebab itu, saat cuaca panas perlu tambahan vitamin atau jamu supaya produksi telur tidak terganggu. Lakukan penyemprotan untuk mengendalikan panas/suhu kandangnya.

Penangkapan dan pemindahan karena mau seleksi untuk diafkir. Menyebabkan lingkungan puyuh terganggu. Sehingga juga stess.

Apabila peternak sering mengamati prilaku puyuh. Hal tersebut diatas bisa dilakukan. Intinya harus teliti dan telaten.

Sumber : Buku beternak dan berbisnis puyuh,infovet dan pengalaman peternak sendiri

Tinggalkan Balasan